Julung, Hendrikus (2015) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan PQ4R pada kemampuan akademik berbeda terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X SMA swasta di Sintang / Hendrikus Julung. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Julung Hendrikus. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dipadudengan PQ4R padaKemampuanAkademikBerbedaterhadap Kreativitas SiswadanHasilBelajarKognitifBiologiSiswakelas X SMA Swasta di Sintang.Tesis. Program StudiPendidikanBiologi PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. HerawatiSusilo M.Sc Ph.Ddan (2) Dr. SusriyatiMahanal M.Pd. Kata Kunci problem based learning (PBL) PQ4R kemampuanakademik kreativitas danhasilbelajarkognitif. Abstrak Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang pesat di era globalisasi abad 21 ini menuntut setiap individu untuk berkembang menjadi manusia berkualitas memiliki kreativitas yang tinggi dalam menjawab segala tantangan permasalahan persaingan dan berbagai perubahan. Kreativitas berkaitan dengan potensi yang ada pada diri manusia yang dapat dimanfaatkan untuk mengubah kehidupan. Pembentukan manusia yang berkualitas dan memiliki kreativitas yang tinggi membutuhkan suatu proses pembelajaran melalui dunia pendidikan. Fenomena empiris menunjukkan bahwa proses pembelajaran sains (biologi) dalam praktiknya masih dominan menerapkan pola pembelajaran konvensional yang lebih berorientasi pada guru dan kenyataan ini berlangsung hingga saat ini sehingga keterlibatan siswa dalam belajar kurang. Kurangnya keterlibatan siswa dalam belajar menyebabkan siswa kurang aktif cenderung pasif dan mengakibatkan siswa kurang mampu untuk berpikir mengeluarkan ide-ide kreatifnya mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan. Fakta dilapangan juga didapatkan bahwa kemampuan dan pemberdayaan kreativitas siswa pada mata pelajaran biologi belum dilakukan dengan optimal siswa kurang mampu memberikan argumen ide-ide sendiri dan kurang mampu menanggapi pertanyaan yang diberikan dengan cepat dan kurangnya minat belajar atau minat membaca siswa. Fakta lainnya yaitu kurangnya memberdayakan kemampuan akademik setiap siswa untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa. Salah satu solusi atau alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif biologi siswa adalah pembelajaran yang memberikan ruang kepada siswa untuk bisa menemukan dan membangun konsep sendiri dan dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran PBL dipadu denganPreview Question Read Reflect Recite and Review(PQ4R). Model PBL ini merupakan salah satu model yang digunakan dalam pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Pengaruh Model Pembelajaran terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA di Sintang 2) Pengaruh kemampuan akademik terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA di Sintang 3) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA di Sintang. Penelitianinimenggunakanpendekatanekpserimensemu(quasi experiment) denganrancanganpretest-posttest non equivalent control group design. Analisis data diawalidenganmelakukanujinormalitasdanujihomogenitas kemudiandilanjutkandengananalisiskovarian (anacova). Bilahasilanalisissignifikan (variabelbebasberpengaruhpadavariabelterikat) makaanalisisdilanjutkandenganujilanjutLSD denganmenggunakan program SPSS for Windows dengantarafsignifikansi 0 05. Penelitianinidilaksanakanpada semester genaptahunajaran 2014/2015 di SMA PancaSetyadan SMA Nusantara Indah Sintang. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa 1) Tidakadapengaruh model pembelajaran PBL dan PBL PQ4R terhadap kreativitas biologisiswa.2) Ada pengaruh model pembelajaran PBL dan PBL PQ4R terhadaphasilbelajarkognitifbiologisiswa. 3) Ada pengaruhkemampuanakademikterhadap kreativitas siswa.4) Tidakadapengaruhkemampuanakademikterhadaphasilbelajarkognitifsiswa.5) Tidakadapengaruhinteraksiantara model pembelajaran PBL dan PBL PQ4R dengankemampuanakademikterhadap kreativitas danhasilbelajarkognitifbiologisiswa. Berdasarkanhasilanalisismenggunakanujilanjutdapatditarikkesimpulanbahwa model pembelajaran PBL dan PBL PQ4Rdanpembelajarandenganmultistrategipadadasarnyasama-samadapatmeningkatkankreativitas danhasilbelajarkognitifpadamatapelajaranbiologisiswadanpemberdayaankemampuanakademikdapatmeningkatkan kreativitas biologisiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60578 |
Actions (login required)
View Item |