Hetharia, Monica (2015) Pengaruh strategi reading, questioning, answering dipadu think pair share terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif dan retensi siswa SMA N di Kota Ambon / Monica Hetharia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hetharia Monica. 2015. Pengaruh Strategi Reading Questioning Answering Dipadu Think Pair Share Terhadap Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Kognitif dan Retensi Siswa SMA N Di Kota Ambon. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd (II) Dr. H. Abdul Gofur M.Si. Kata Kunci Reading Questioning Answering Think Pair Share keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif retensi. Pendidikan merupakan suatu modal besar suatu bangsa untuk bias berkembang dan maju. Pendidikan IPA memegang peranan penting dalam mengembangkan pengetahuan siswa melalui pendidikan IPA siswa dapat mengenal menyikapi dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis kreatif dan mandiri. Kecenderungan pembelajaran IPA khususnya biologi pada masa kini adalah peserta didik hanya mempelajari biologi sebagai produk menghafalkan konsep teori dan hukum. Fakta di lapangan juga didapatkan guru belum memberdayakan potensi siswa. Akibatnya keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif dan retensi siswa rendah. Dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan dan memberdayakan potensi siswa. Penerapan strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering dipadu Think Pair Share diharapkan dapat meningkatkan keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif dan retensi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekpserimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretest-posttest non equivalent control group design. Analisis data diawali dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan analisis kovarian (anacova). Bila hasil analisis signifikan (variable bebas berpengaruh pada variable terikat) maka analisis dilanjutkan dengan ujil anjutLSD dengan menggunakan program SPSS for Windows dengan taraf signifikansi 0 05. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 pada tingkat SMA di Kota Ambon. Penerapan pada tiga sekolah adalah sebagai berikut SMA N 4 Ambon RQA SMA N 5 Ambon RQA dipadu TPS SMA N 14 Ambon konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran RQA dipadu TPS terhadap keterampilan metakognitif siswa SMA N di Kota Ambon (2) pengaruh model pembelajaran RQA dipadu TPS terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA N di Kota Ambon (3) pengaruh model pembelajaran RQA dipadu TPS terhadap retensi siswa SMA N di Kota Ambon. Hasil penelitian ini menunjukakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran RQA dipadu TPS terhadap keterampilan metakognitif ada pengaruh model pembelajaran RQA dipadu TPS terhadap hasil belajar kognitif namun tidak ada pengaruh model pembelajaran RQA dipadu TPS terhadap retensi siswa. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan yakni penggunaan model pembelajaran Reading Questioning Answering dipadu Think Pair Share dapat diterapkan oleh guru untuk memberdayakan keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif dan retensi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60576 |
Actions (login required)
View Item |