Pengaruh strategi pembelajaran reading questioning and answering (RQA) dipadu student team achivment division (STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan metakognitif di MTs Negeri Rejosa Kab. Pasuruan / Nina Zunaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran reading questioning and answering (RQA) dipadu student team achivment division (STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan metakognitif di MTs Negeri Rejosa Kab. Pasuruan / Nina Zunaidah

Zunaidah, Nina (2015) Pengaruh strategi pembelajaran reading questioning and answering (RQA) dipadu student team achivment division (STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan metakognitif di MTs Negeri Rejosa Kab. Pasuruan / Nina Zunaidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zunaidah Nina. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) Dipadu Student Team Achievment Division (STAD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Metakognitif Di MTs Negeri Rejoso Kab.Pasuruan Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd (2). Dr. H. Hadi Suwono M.Si Kata Kunci RQA STAD Kemampuan Berpikir Kritis Kemampuan Metakognitif Keterampilan berpikir kritis merupakan suatu karakteristik yang perlu dikembangkan di sekolah pada setiap jenjangnya meskipun jarang diajarkan oleh guru di kelas baik secara eksplisit maupun implisit. Berpikir kritis merupakan suatu kompetensi yang harus dilatihkan pada peserta didik. Hubungan ketrampilan metakognisi dengan berpikir kritis dari komponen Self-regulation. Self regulation merupakan salah satu komponen berpikir kritis. Self regulation merupakan salah satu komponen berpikir kritis. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Menganalisa pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Student Team Achievment Division (STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis di MTsN Rejoso Kabupaten Pasuruan. 2) Menganalisa pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Student Team Achievment Division (STAD) terhadap kemampuan metakognitif di MTsN Rejoso Kabupaten Pasuruan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tidak ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis namun pada strategi pembelajaran RQA dipadu STAD berpengaruh signifikan terhadap kesadaran metakognitif inventori MAI dan ketrampilan metakognitif dengan rubrik. Peningkatan kesadaran metakognitif inventori MAI siswa mengalami peningkatkan sebesar 4 02% lebih tinggi daripada strategi konvensional dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 3 86%. Pada ketrampilan metakognitif mengalami kenaikan ketrampilan metakognitif siswa dengan rubrik yang diajar dengan RQA dipadu STAD lebih tinggi 123 2 % dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional 55 2 % . Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang dapat diajukan oleh peneliti adalah 1) Perlu dilakukan penelitian berikutnya terkait dengan strategi pembelajaran yang lain misal paduan RQA dengan tipe kooperatif lainnya. 2).Variabel terikat yang sudah diteliti dalam penelitian ini terbatas pada hasil belajar yang meliputi kemampuan berpikir kritis dan kemmapuan metakognitif. Perlu dilakukan penelitian untuk jenis hasil belajar lainnya misalnya hasil belajar kognitif retensi atau kemampuan akademik bawah atau akademik atas. 3). Perlu dilaksanakan penelitian yang memadukan strategi-strategi pembelajaran berbasis konstruktivisme berbasis student centered selain RQA dipadu STAD 4).Penelitian ini dilakukan satu semester kalau memungkinkan perlu dilakukan penelitian dalam kurun waktu lebih lama lagi untuk memperoleh hasil yang lebih baik terutama dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan metakognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60575

Actions (login required)

View Item View Item