Pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu dengan TPS dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran biologi siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Blitar / Widayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu dengan TPS dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran biologi siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Blitar / Widayati

Widayati (2015) Pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu dengan TPS dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran biologi siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Blitar / Widayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widayati 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran RQA (Reading Questioning Answering) DipaduTPS (Think Pair Share) Pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Blitar. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A. Duran Corebima M.Pd (2) Dr. Fatchur Rohman M.Si Kata Kunci RQA TPS Kemampuan akademik Keterampilan berpikir kritis hasil belajar kognitif Pada kegiatan belajar mengajar umumnya muncul permasalahan-permasalahan yang berdampak tidak baik pada pencapaian hasil belajar siswa baik itu yang berupa faktor internal dari dalam diri siswa ataupun faktor eksternal yang berasal dari lingkungan dan proses interaksi antara siswa dengan lingkungan belajar. Fakta-fakta permasalahan yang dapat kami temukan di lapangan di antaranya (1) Siswa kurang antusias dalam menerima materi pelajaran (2) Kurangnya minat dan rasa ingin tahu (3) Rendahnya minat membaca (4) Kurangnya keterampilan untuk menulis atau merangkum (5) Rendahnya minat bertanya (6) Kurangnya sifat kooperatif siswa dalam kerja kelompok (7) Hasil belajar yang masih rendah (8) Kurangnya konsentrasi dan antusias siswa menerima pelajaran (9) Kecenderungan siswa untuk ramai ketika praktikum (10) Rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Diantara permasalahan yang ada tersebut faktor rendahnya minat membaca merangkum dan minat bertanya serta sifat kooperatif dalam kerja kelompok merupakan permasalahan yang ingin dikembangkan karena keterampilan membaca menulis dan bertanya sangat diperlukan dalam belajar biologi. Karakteristik pelajaran biologi yang banyak pengertian dan konsep penting sangat memerlukan keterampilan membaca dan menulis serta merangkum. Strategi pembelajaran RQA dipadu TPS sangat cocok digunakan untuk menjawab permasalahan di atas karena strategi ini merupakan strategi pembelajaran kooperative yang dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis dab meningkatkan hasil belajar kognitif. Perpaduan 2 strategi pembelajaran ini memungkinkan adanya proses belajar yang berulang dan berkesinambungan sehingga berpengaruh pada proses mengingat. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan mengungkap pengaruh strategi pembelajaran RQA TPS RQA dipadu TPS terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi peserta didik berkemampuan akademik tinggi dan berkemampuan akademik rendah kelas VIII SMP di Kab. Blitar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan Pretest-PosttestNon-eqiuvalen Control Group Design versi faktorial 4 x 2. Data dianalisis dengan Anacova pada taraf signifikasi 0 05. Jika menunjukkan F hitungsignifikan maka perlu dilanjutkan dengan uji beda. Sebelum dilakukan uji kovarian dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Wates yang berjumlah 7 kelas dan 5 kelas siswa kelas VIII SMP Islam Hasanuddin Kesamben. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Cluster Random sampling dengan 4 kelas yang terdiri dari 1 kelas RQA 1 kelas TPS 1 kelas RQA dipadu TPS dan 1 kelas kontrol pada sekolah SMPN 1 Wates untuk kemampuan akademik atas dan 4 kelas yang sama pada SMP Islam Hasanuddin Kesamben untuk kemampuan akademik bawah. . Berdasarkan hasil penelitian dan analisisdata maka dapat disimpulkan bahwa 1) Ada pengaruh perlakuanstrategi pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa berturut-turut peningkatan keterampilan berpikir kritis untuk masing-masing kelas perlakuan dari tertinggi ke terendah adalah strategi RQA dipadu TPS RQA TPS dan konvensional. Strategi RQA dipadu TPS memiliki nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis 2 65% lebih tinggi dari RQA 19.57% lebih tinggi dari TPS dan 56 19 % lebih tinggi dari konvensional. Sedangkanuntuk perlakuan strategi pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa berturut-turut dari tertinggi sampai yang terendahyaitu strategi pembelajaran RQA dipadu TPS TPS RQA dan konvensional dengan penjelasan jika dibanding dengan peningkatan pada kelas konvensional strategi RQA dipadu TPS memiliki selisih 142 33% strategi TPS memiliki selisih peningkatan 58 37% dan strategi pembelajaran RQA memiliki selisih 40 73% 2) Tidak ada pengaruh tingkat kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa karenanilai signifikansi dari keduanya adalah 0 668 untuk keterampilan berpikir kritis dan nilai signifikansi 0 735 untuk hasil belajar kognitif siswa dari kedua nilai signifikansi ini memiliki nilai lebih lebih besar dari nilai alpha 0 05 artinya Ho diterima dan hipotesis penelitian ditolak. 3) Ada pengaruh antara interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik siswa terhadapkemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Berturut-turut peningkatan keterampilan berpikir kritis dari yang tertinggi sampai yang terendah adalah interaksi RQA dipadu TPS-KB meningkat 132 51% lebih tinggi dari RQA dipadu TPS KA 57 66% lebih tinggi dari RQA-KB 51 30% lebih tinggi dari TPS-KB dan 264 68% lebih tinggi dari Konvensional Atas sedangkan utuk hasil belajar kognitif mengalami peningkatan berturut-turut dari yang tertinggi peningkatannya sampai yang terendah adalah interaksi RQA dipadu TPS-KB meningkat 84 12% lebih tinggi dari RQA dipadu TPS KA 192 01% lebih tinggi dari RQA-KA 154 90% TPS-KA dan 226 78% lebih tinggi dari Konvensional Atas. Hasil dan kesimpulan penelitian ini disarankan kepada guru khususnya mata pelajaran IPA untuk pembelajaran Biologi dapat menggunakan integrasi strategi pembelajaran RQA dipadu dengan TPS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada kemampuan akademik yang berbeda. Siswa kemampuan akademik bawah sebisa mungkin kita upayakan memperoleh kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif yang sama sehingga jenjang keduanya dapat diperkecil.Diperlukan sosialisasi integrasi strategi pembelajaran RQA dipadu dengan TPS melalui forum MGMP Lesson Study KKG dan forum guru yang lain.Saran untuk diperhatikan jika ada penelitian lanjutan perlu dilakukan penelitian yang mengintegrasikan strategi pembelajaran berbasis konstruktivisme dan student centered selain RQA dipadu dengan TPS dan perlu dikaji variabel-variabel terikat lainnya yang berhubungan proses pembelajaran dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60574

Actions (login required)

View Item View Item