Pengaruh model means-ends analysis (MEA) berbantu modul pengolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan berpikir kritis, pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotaanyar Probolinggo / Najibul Hoer - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model means-ends analysis (MEA) berbantu modul pengolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan berpikir kritis, pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotaanyar Probolinggo / Najibul Hoer

Hoer, Najibul (2015) Pengaruh model means-ends analysis (MEA) berbantu modul pengolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan berpikir kritis, pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotaanyar Probolinggo / Najibul Hoer. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hoer Najibul. 2015. Pengaruh Model Means-Ends Analysis (MEA) Berbantuan Modul Pengelolaan Sampah Berbasis 6M terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pengetahuan Sikap dan Keterampilan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kotaanyar Probolinggo. Tesis Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar M.S. (II) Dr. Sueb M.Kes Kata kunci model Means-Ends Analysis modul pengelolaan sampah berbasis 6M keterampilan berpikir kritis pengetahuan sikap keterampilan Penelitian ini tentang pengaruh model Means-Ends Analysis berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan berpikir kritis pengetahuan sikap dan keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotaanyar Probolinggo. Model Means-Ends Analysisyang digunakan dalam penelitian ini merupakan model pembelajaran pencarian solusi permasalahan untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan dengan membedakan kondisi saat ini (current state) dan tujuan akhir (goal state). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Means-Ends Analysis berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap 1) keterampilan berpikir kritis siswa 2) pengetahuan 3) sikap siswa dan 4) keterampilan pada siswa kelas VII SMPN 1 Kotaanyar Probolinggotahun pelajaran 2014/2015.Metode yang digunakan penelitian quasi exsperiment dengan rancangan pretest-postest nonequivement control group design. Setelah dilakukan uji kesetaraan populasi sample kemudian sampel dipilih 2 kelas secara acak yaitu 1 kelas untuk kelas eksperimen dan 1kelas untuk kelas kontrol dari total populasi kelas VII. Analisis statistik yang digunakan adalah analysis covarian (anacova). Hasil uji statistik dengan anacova pada setiap variabel terikat keterampilan berpikir kritis pengetahuan sikap dan keterampilan siswa dengan melakukan kontrol terhadap nilai pretes menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi setiap variabel memperoleh nilai yang sama 0 000 0 05 maka H0 ditolak maka ada pengaruh model Means-Ends Analysis berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6Mterhadap keterampilan berpikir kritis pengetahuan sikap dan keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri Kotaanyar Probolingo tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Means-Ends Analysis berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap 1) keterampilan berpikir kritis 2) pengetahuan 3) sikap dan 4) keterampilanpada siswa kelas VII SMP Negeri Kotaanyar Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015.Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran diantaranya guru mata pelajaran dapat menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M dalam kelas sebagai salah satu bentuk alternatif pembelajaran lingkungan yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah karena telah terbukti secara ilmiahberpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pengetahuan sikap dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60571

Actions (login required)

View Item View Item