Ferdiana, Suci (2015) Pengaruh model discovery learning berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa SMP Negeri8 35 Surabaya / Suci Ferdiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ferdiana Suci. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Modul Pengelolaan Sampah Berbasis 6M Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 35 Surabaya. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dr. Fatchur Rahman M.Si. Kata Kunci discovery learning modul pengelolaan sampah berbasis 6M keterampilan komunikasi hasil belajar. Model praktik pendidikan yang dianggap menguntungkan pada abad 21 ini adalah pembelajaran konteks dunia nyata dan otentik salah satunya melalui model discovery learning. Model discovery learning diharapkan dapat mengembangkan kecakapan hidup abad 21 salah satunya adalah kecakapan komunikasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 35 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan rancangan nonequivalent control group pretest-postest. Teknik pengumpulan data melalui pretes dan postes menggunakan instrumen tes lembar inventori keterampilan komunikasi interpersonal tes hasil belajar pengetahuan tes sikap siswa dan lembar checklist manifestasi perilaku siswa. Analisis data yang digunakan berupa anakova untuk menguji hipotesis. Hasil analisis data keterampilan komunikasi menunjukkan nilai p 0 000 945 0 05 jadi terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M yang signifikan terhadap keterampilan komunikasi. Hasil analisis data hasil belajar pengetahuan menunjukkan nilai p 0 000 945 0 05 jadi terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M yang signifikan terhadap hasil belajar pengetahuan. Hasil analisis data hasil belajar sikap menunjukkan nilai p 0 000 945 0 05 jadi terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M yang signifikan terhadap hasil belajar sikap. Hasil analisis data hasil belajar keterampilan menunjukkan nilai p 0 000 945 0 05 jadi terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan. Dalam penelitian ini diberikan saran bahwa guru mata pelajaran dapat menggunakan model discovery learning berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M sebagai salah satu bentuk pembelajaran lingkungan yang diintegrasikan ke dalam kurikulum.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60570 |
Actions (login required)
View Item |