Persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 SD Negeri se Kecamatan Klojen Kota Malang / Alwi Basofi - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 SD Negeri se Kecamatan Klojen Kota Malang / Alwi Basofi

Basofi, Alwi (2015) Persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 SD Negeri se Kecamatan Klojen Kota Malang / Alwi Basofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Basofi Alwi. 2015. Persepsi Guru Terhadap Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 SD Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Pra sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Drs. A. Badawi SPd M.Pd. Kata Kunci persepsi evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan menilai yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran bertujuan untuk mengetahui seberapa baik subyek belajar telah mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya sesuai dengan sasaran pembelajaran yang telah ditentukan. Evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 mencakup tiga aspek yaitu aspek sikap aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman guru SD Negeri se Kecamatan Klojen Kota Malang terhadap evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 40 guru yang terbagi dari 10 Sekolah yang terdiri dari 5 SD Inti dan 5 SD Imbas pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sample yang merupakan pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap evaluasi pembelajaran yang berkaitan dengan aspek sikap menyatakan bahwa responden pada umumnya (79 2%) telah memahami terkait penilaian diri observasi penilaian antarteman jurnal catatan guru pengolahan nilai dan pengisian rapor. Persepsi terhadap evaluasi pembelajaran yang berkaitan dengan aspek pengetahuan menyatakan bahwa responden sebagian besar (74 44%) telah memahami terkait penilaian tulis tes lisan penyusunan kisi-kisi soal penyusunan soal sesuai kisi-kisi analisis hasil ulangan pengolahan nilai dan pengisian rapor. Persepsi terhadap evaluasi pembelajaran yang berkaitan dengan aspek keterampilan menyatakan bahwa responden pada umumnya (77 98%) telah memahami terkait penilaian kinerja meliputi panduan observasi obyek yang diobservasi pemajangan hasil kerja penambahan ide menentukan keberhasilan pengecekan peserta didik yang berfikir kritis penggunaan daftar cek penilaian proyek meliputi membuat daftar alat dan harga bahan penyelesaian tugas proyek pemberian kesempatan memilih topik penyelesaian tugas penilaian portofolio meliputi identitas pada portofolio kerahasiaan pengumpulan hasil kesinambungan portofolio kesimpulan dan catatan refleksi pengolahan nilai dan pengisian rapor. Berdasarkan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa persepsi guru SD Negeri Kecamatan Klojen Kota Malang pada umumnya (77 20%) telah mamahami evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 sedangkan responden yang belum memahami sebagian besar berumur 49-58 tahun. Saran penelitian ini bagi Dinas Pendidikan dapat menjadi masukan dalam penerapan kurikulum 2013 Dinas Pendidikan diharapkan mengadakan pelatihan implementasi kurikulum 2013 khususnya kepada guru yang berumur 49-58 tahun bagi Kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dengan guru dan pengawas sekolah agar kesulitan dalam penerapan kurikulum 2013 bisa terselesaikan bagi guru diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dengan guru lain dan dengan Kepala sekolah mengikuti pelatihan implementasi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6057

Actions (login required)

View Item View Item