Aprilisa, Ema (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah belajar dan pembelajaran dengan model think pair share untuk meningkatkan minat membaca dan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang / E. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aprilisa Ema. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Minat Membaca dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Dr. Hadi Suwono M.Si Kata Kunci Belajar dan Pembelajaran Biologi Minat Baca Hasil Belajar Salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (FKIP UMM) adalah Belajar dan Pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses perkuliahan yang selalu menggunakan metode pembelajaran presentasi dan diskusi cenderung membuat mahasiswa kurang aktif dalam kegiatan perkuliahan belum ada bahan ajar cetak yang mengakomodasi kebutuhan mahasiswa dan buku teks yang disarankan sebagai sumber belajar tidak terdapat di perpustakaan atau hanya tersedia dalam jumlah terbatas sedangkan tidak semua mahasiswa mampu membeli buku-buku tersebut. Buku teks tentang Belajar dan Pembelajaran Biologi yang selama ini digunakan dalam perkuliahan merupakan buku tentang Belajar dan Pembelajaran umum sehingga dosen pengampu harus selalu mengingatkan mahasiswa tentang pentingnya mengaitkan konsep yang dipelajari dengan mata pelajaran yang akan diajarkan oleh mahasiswa kelak sebagai guru yaitu Biologi. Dampak yang timbul akibat masalah tersebut adalah rendahnya taraf penguasaan mahasiswa terhadap konsep yang dipelajari pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran untuk mata kuliah Belajar dan Pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMM yang tervalidasi oleh ahli perangkat pembelajaran ahli media dan praktisi lapangan meningkatkan minat membaca dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMM melalui penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah Belajar dan Pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan menurut Thiagarajan et al. (1974) yang meliputi tahap define atau analisis awal untuk menetapkan dan menjelaskan kebutuhan dalam pembelajaran design atau pembuatan purwarupa bahan ajar develop atau memodifikasi purwarupa perangkat pembelajaran berdasarkan umpan balik didapatkan melalui penilaian ahli dan disseminate atau langkah yang ditempuh untuk mendeskripsikan efek dari perangkat pembelajaran tersebut. Data penelitian yang diperoleh berupa data hasil validasi ahli dan data hasil penerapan perangkat pembelajaran. Validator terdiri dari tiga orang yang merupakan ahli perangkat pembelajaran ahli media serta praktisi lapangan. Uji coba dilakukan pada kelas kelas C Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMM pada semester gasal 2014. Subjek uji coba adalah 33 mahasiswa terdiri dari 4 laki-laki dan 29 perempuan. Data hasil uji coba berupa data minat membaca hasil belajar dan data respon mahasiswa. Berdasarkan hasil perhitungan sebagian besar komponen perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak namun beberapa komponen masih perlu direvisi berdasarkan saran dan kritik dari validator. Hasil analisis data menunjukkan ada peningkatan minat membaca mahasiswa setelah dilakukan penerapan produk perangkat pembelajaran. Persentase respon positif mahasiswa terhadap aktivitas membaca naik dari 26 40% menjadi 37 81% dan respon negatif mahasiswa turun dari sebesar 31 62% menjadi 17 55%. Hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga meningkat dibandingkan dengan nilai pada ujian tengah semester yaitu dari rata-rata 67 93 menjadi 68 59. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah Belajar dan Pembelajaran dengan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan minat membaca dan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60566 |
Actions (login required)
View Item |