Kuswara, R. Didi (2015) Pengaruh problem based learning dipadu dengan STAD berbantuan modul 6M terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang / R. Didi Kuswara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABTRAK Kuswara R. D. 2015. Pengaruh Problem-Based Learning Dipadu Dengan STAD Berbantuan Modul 6M Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar. M.S. (II) Dr. Sueb M.Kes. Kata kunci problem-based learning STAD keterampilan berpikir kritis hasil belajar SMP Negeri 13 Malang merupakan sekolah yang mengupayakan tercipanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Tercipatanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat tentu harus adanya pengelolaan lingkungan sekolah termasuk pengelolaan sampah sehingga perlu adanya pengelolaan sampah di lingkungan sekolah yang menuntut keterlibatan seluruh warga sekolah tidak terkecuali siswa. Oleh sebab itu perlu adanya kegiatan pembelajaran dan buku pendukung yang berorientasi permasalahan lingkungan akibat sampah seperti pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk mampu memecahkan permaslahan lingkungan. Salah satunya model pembelajaran berbasis masalah yang dibantu dengan modul 6M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh problem-based learning dipadu STAD berbantuan modul 6M terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang. Hasil belajar siswa yang diukur berupa pengetahuan sikap dan keterampilan. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini siswa kelas VIIB VIIC dan VIID yang dipilih secara cluster random sampling. Siswa kelas VIIB sebagai kelompok kontrol VIIC dan VIID sebagai kelompok ekperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian tes pilihan ganda tes sikap (skala Likert) dan angket checklist manifestasi perilaku siswa. Uji hipotesis menggunakan analisis multivariat yakni manakova satu arah. Berdasarkan hasil analisis data uji manakova diperoleh nilai probabilitas untuk model pembelajaran p 0 001 0 005 0 009 dan 0 002 dimana nilai p ini lebih kecil dari 945 0 05. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Sedangkan berdasarkan uji lanjut Tukey menunjukkan bahwa model PBL dipadu STAD berbantuan modul 6M berbeda signifikan dengan model PBL dipadu STAD tanpa modul ataupun dengan metode diskusi-presentasi dari keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sedangkan model PBL dipadu STAD tanpa modul tidak berbeda signifikan dengan metode diskusi-presentasi dari semua aspek yang diukur. 8195
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60562 |
Actions (login required)
View Item |