Nurmala, Rayh Sitta (2015) Pengaruh strategi problem based learning dipadu jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA di Kabupaten Jember / Ray Sitta Nurmala. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurmala Rayh Sitta. 2015. Pengaruh Strategi Problem Based Learning Dipadu Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata kunci strategi problem based learning jigsaw kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi dalam proses kehidupan. Majunya suatu bangsa dipengaruhi oleh mutu pendidikan bangsa itu sendiri karena pendidikan yang tinggi dapat mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Masalah dalam dunia pendidikan saat ini adalah siswa kurang dilatih untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. Hal ini disebabkan guru masih menganggap memberikan informasi lebih penting daripada melatih kemampuan berpikir. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk mampu belajar mandiri melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa adalah strategi Problem Based Learning dipadu Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Problem Based Learning dipadu Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA di kabupaten Jember. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA di kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini siswa kelas X IPA 3 sebagai kelompok kontrol X IPA 1 X IPA 2 dan X IPA 4 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes uraian tertulis. Uji hipotesis menggunakan anakova. Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas menggunakan Levene s Test untuk mengetahui data terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil uji anakova untuk kemampuan berpikir kritis menunjukkan nilai p 0 729 lebih besar dari 945 0 05 menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Hasil uji anakova untuk hasil belajar kognitif menunjukkan nilai p 0 037 lebih kecil dari 945 0 05 menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60561 |
Actions (login required)
View Item |