Pengembangan desain pembelajaran berbasis pendidikan pertanian (agriculture education) pada tema Urban Farming untuk meningkatkan kecakapan abad 21 di bdang biologi siswa SMA Laboratorium UM / Widya Dwi Kharismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan desain pembelajaran berbasis pendidikan pertanian (agriculture education) pada tema Urban Farming untuk meningkatkan kecakapan abad 21 di bdang biologi siswa SMA Laboratorium UM / Widya Dwi Kharismawati

Kharismawati, Widya Dwi (2015) Pengembangan desain pembelajaran berbasis pendidikan pertanian (agriculture education) pada tema Urban Farming untuk meningkatkan kecakapan abad 21 di bdang biologi siswa SMA Laboratorium UM / Widya Dwi Kharismawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kharismawati WidyaDwi. 2015. Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Pertanian (Agricultural Education) pada Tema Urban Farming untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21 di Bidang Biologi Siswa SMA LaboratoriumUM. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si Kata kunci desain pembelajaran pendidikan pertanian urban farming kecakapan abad 21 Kecakapan abad 21 merupakan kecakapan yang penting dikembangkan saat ini. Hasil wawancara pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan strand budidaya kegiatan belajar cenderung kurang memacu siswa untuk berkreasi mengembangkan jejaring sosial serta menggunakan berbagai informasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain pembelajaran berbasis pendidikan pertanian pada materi urban farming untuk meningkatkan kecakapan abad 21 meliputi kreativitas literasi digital kemampuan berkolaborasi etos kerja dan kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang ditulis oleh Dick Carey dan Carey (2009) yaitu 1) melakukan analisis kebutuhan 2) melakukan analisis pembelajaran 3) menganalisis siswa dan konteks pembelajaran 4) merumuskan tujuan pembelajaran 5) mengembangkan instrumen penilaian 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan materi pembelajaran 8) merancang evaluasi formatif 9) merevisi pembelajaran 10) mengembangkan evaluasi sumatif. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian adalah angket validasi lembar observasi rubrik penilaian dan tes tertulis. Penilaian dilakukan oleh pakar desain materi media dan praktisi dan siswa. Hasilvalidasipakar dan praktisi desain pembelajaran serta produk yang dihasilkan sebagai berikut 1) silabus diperoleh rata-rata 4 (valid) 2) RPP diperoleh rata-rata 4 (valid) 3) buku teks pelengkap diperoleh rata-rata 4 02 (valid) 4) Soal tes tertulis diperoleh rata-rata 4 (valid). Validasi materi oleh pakar materi diperoleh hasil 4 25 (valid) pakar media diperoleh hasil 4 25 (valid). Buku teks pelengkap divalidasi oleh kelompok kecil diperoleh 92 82% (valid) dan kelompok terbatas 92 96% (valid). Hasil keterlaksanaan menurut pakar adalah 4 31 (tinggi) dan dari Observer adalah 4 02 (tinggi). Penilaian keefektifan ditinjau dari 1) Hasil belajar diperoleh ketuntasan tes I adalah 93 94% dan tes II adalah 96 97% penilaian laporan 87 5% (sangat baik) 2) aktivitas siswa cukup efektif sedangkan aktivitas guru memenuhi waktu ideal 3) kemampuan guru mengelola pembelajaran yaitu 3 87 (cukup baik) 4) respon siswa diperoleh hasil 75% (cukup baik). Hasil perhitungan gain score diperoleh bahwa nilai gain pada aspek kreativitas 0 5 (sedang) literasi digital 0 2 (rendah) kepemimpinan 0 5 (sedang) kolaborasi 0 2 (rendah) dan etos kerja 0 1 (rendah). Hal tersebut menandakan bahwa desain pembelajaran mampu meningkatkan kecakapan abad 21. Saran penelitian adalah disesuaikan alokasi waktu yang disediakan sekolah dan sebaiknya guru mencoba terlebih dahulu pembuatan akuaponik dan vertikultur sebelum diajarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60560

Actions (login required)

View Item View Item