Penerapan model pembelajaran example nom example pada keterampilan berbicara di kelas II SDN Selokajang 03 Kabupaten Blitar / Tiyan Farido - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran example nom example pada keterampilan berbicara di kelas II SDN Selokajang 03 Kabupaten Blitar / Tiyan Farido

Farido, Tiyan (2015) Penerapan model pembelajaran example nom example pada keterampilan berbicara di kelas II SDN Selokajang 03 Kabupaten Blitar / Tiyan Farido. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farido Tiyan. 2015. Penerapan model example non example pada keterampilan berbicara di Kelas2 SDN Selokajang 3 KabupatenBlitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanSekolahdanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1)Dr.H.AlifMudiono M.Pd(2)Dra.Widayati MH. Kata kunci modelexample non example hasil penelitian Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan observasi padakelas II SDN Selokajang 03 diperoleh data bahwa (a) guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional berupa ceramah (b) guru tidak menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran (c) banyak siswa yang kurang antusias atau bersemangat dalam kegiatan pembelajaran (d) hanya sebagian siswa saja yang aktif bertanya pada saat pembelajaran (e) hasilbelajar siswa masih belum mencapai kompetensi yang diharapkan. Untuk mengatasi permasalahan yang telah diuraikan di atas maka harus mengambil tindakan yakni dengan mencari dan menggunakan suatu pendekatan atau model pembelajaran yang efektif inovatif dan berpotensi memperbaiki pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat di terapkan pada pembelajaran yang ada pada kurikulum KTSP yaitu model pembelajaran Examples non examples. Model pembelajaranexample non exampleadalah model pembelajaran yang menggunakan media gambar. Jenis pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif peneliti terlepas dari objek yang diteliti. Jangan sampai ada hubungan atau pengaruh dari peneliti. Kehadiran peneliti sangat penting kedudukannya karena peneliti langsung terjun pada lapangan yang dituju untuk melakukanpengamatandananalisistentangpenggunaan model example non example.Mulaidariawalperencanaan pelaksanaan sampaipenilaian. Hasil penelitian perencanaan pembelajaran dengan model example nonexample pada masing-masing RPP dari aspek 1 sampai 17 pada RPP 1 sampai 4 diperoleh persentase rata-rata mencapai 87% dengan kualifikasi baik. Untukpelaksanaan pembelajarandengan model example non examplepersentase masing-masing pembelajarandenganaspek 1 sampai 32 padapembelajaran1 sampai 4 rata-rata mencapai 86% dengankualifikasibaik. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model example non example meliputi keaktifan siswa pada pembelajaran 1 sampai 4 dengan persentase rata-rata mencapai 77% kualifikasi baik percaya diri siswa mencapai 65% kualifikasi cukup kerjasama siswa mencapai 79% dengan kualifikasi baik. Dengan kata lain rata-rata aktivitas siswa pada pembelajaran 1-4 mencapai 74% dengan kualifikasi baik. Kesimpulan Penelitian ini adalah model example non exampledapatditerapkan dengan baik pada keterampilan berbicara di kelas II SDN Selokajang 03 Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item View Item