Sholiha, Illiyatus (2015) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Wonorejo Pasuruan / Illiyatus Sholiha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sholiha Illiyatus. 2015. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Modul Pengelolaan Sampah Berbasis 6M terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs. Negeri Wonorejo Pasuruan. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata kunci inkuiri terbimbing modul pengelolaan sampah berbasis 6M keterampilan proses sains hasil belajar. Pengetahuan lingkungan sikap dan perilaku sadar lingkungan sebaiknya ditanamkan pada diri seseorang sejak dini salah satunya melalui sekolah. Pembelajaran lingkungan di sekolah dapat dilakukan melalui berbagai upaya salah satunya dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum IPA. Pengetahuan sikap dan perilaku sebagai produk dari sains diperoleh melalui serangkaian proses ilmiah sehingga dalam belajar sains (IPA) diperlukan keterampilan proses sains. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII MTs. Negeri Wonorejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semudengan rancangan pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII yaitu kelas VII-A VII-B VII-C VII-D dan VII-E karena memiliki karakter yang sama terkait pengelolaan sampah. Pengambilan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan karakter yang sama terkait pengelolaan sampah juga mempertimbangkan kemampuan akademik yang setara antara dua kelas yang menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dan guru mata pelajaran yang sama termasuk guru mata pelajaran Biologi serta penjadwalan jam mata pelajaran Biologi yang tidak berbeda secara signifikan. Sampel penelitian yang memenuhi kriteria tersebut adalah kelas VII-A dan VII-B. Secara acak diambil kelas VII-A sebagai kelompok kontrol dan kelas VII-B sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data melalui pretes dan postes menggunakan instrumen tes keterampilan proses sains tes hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor. Uji hipotesis dengan Anakova sebelumnya dilakukan uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas Levene sTest sebagai uji prasyarat untuk mengetahui data berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis data keterampilan proses sains menunjukkan nilai p 0 000 945 0 05 jadi ada perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M dengan siswa yang diberi pembelajaran multimetode. Hasil analisis data hasil belajar kognitif menunjukkan p 0 004 945 0 05 jadi ada perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M dengan siswa yang diberi pembelajaran multimetode. Hasil analisis data hasil belajar afektif menunjukkan p 0 001 945 0 05 jadi ada perbedaan hasil belajar afektif yang signifikan antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M dengan siswa yang diberi pembelajaran multimetode.Hasil analisis data hasil belajar psikomotor menunjukkan p 0 000 945 0 05 jadi ada perbedaan hasil belajar psikomotor yang signifikan antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M dengan siswa yang diberi pembelajaran multimetode. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M berpengaruh terhadap keterampilan proses sains hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran yaituguru mata pelajaran dapat menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M sebagai salah satu bentuk pembelajaran lingkungan yang diintegrasikan ke dalam kurikulum karena telah terbukti berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60557 |
Actions (login required)
View Item |