Cahyani, Paramitha (2015) Pengembangan aplikasi virtual flower formula untuk mata kuliah struktur dan perkembangan tumbuhan I Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember / Paramitha Cahyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cahyani Paramitha. 2015. Pengembangan Aplikasi Virtual Floral Formula untuk Mata Kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan I Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr. H. Mohammad Amin S. Pd M. Si (II) Dr. Murni Saptasari M. Si. Kata kunci Virtual Floral Formula media pembelajaran website .taksonomi tumbuhan rumus dan diagram bunga Indonesia merupakan salah satu pusat kekayaan keanekaragaman tumbuhan dan tentunya memerlukan pakar taksonomi baik dari lembaga pendidikan maupun penelitian. Pembelajaran taksonomi di Indonesia pada masa sekarang ini memerlukan perhatian khusus sebab pembelajaran taksonomi dianggap tidak menarik membosankan dan banyak yang sifatnya hafalan. Salah satu bagian dari kegiatan taksonomi adalah pengamatan bunga dengan menginterpretasikannya dalam bentuk rumus dan diagram bunga seperti yang diajarkan dalam mata kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan I di jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jember namun terdapat beberapa masalah yang terjadi dalam perkuliahan dan kegiatan praktikum pada mata kuliah ini yaitu kurangnya referensi terbatasnya jam kuliah serta praktikum yang singkat sehingga diperlukan suatu media baru untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis e-learning berupa website berisi materi latihan dan koreksi rumus dan diagram bunga yang bersifat praktis dan efisien. Pendekatan penelitian menggunakan model Kemp dan Dayton (1985) dengan validasi oleh ahli materi ahli media dan desain serta uji keterbacaan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jember dalam skala kelompok sedang Hasil uji keterbacaan produk untuk aspek tampilan website sebesar 84 89% dengan kriteria sangat baik aspek pengoperasian website sebesar 78 67% dengan kriteria baik dan aspek isi website sebesar 84 28% dengan kriteria sangat baik dari hasil tiga aspek ini dapat dikatakan bahwa website yang dikembangkan telah layak digunakan untuk skala lebih luas. Kelebihan produk yang berbasis e-learning ini dapat dipelajari berulang-ulang sehingga tidak dibatasi dengan jadwal perkuliahan dan praktikum yang terbatas namun produk yang dikembangkan ini masih dalam tahapan pengukuran pada aspek validity (kevalidan) dan practically (dapat digunakan dan perlu diujicobakan dalam pembelajaran) dan belum pada tahapan effectivity (apabila digunakan untuk meningkatkan hasil belajar).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60556 |
Actions (login required)
View Item |