Saptadi, Wahyu (2015) Penerapan mpdel course review horay pada penyederhanaan penjumlahan dan pengurangan pecahan pelajaran matematika kelas IV SDN Sumber 2 Blitar / Wahyu Saptadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Saptadi Wahyu. 2015. Penerapan Model Course Review Horay pada Penyederhanaan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Sumber 2 Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Murdiyah M.Pd (II) Dra. Widayati M.H. Kata Kunci Course Review Horay penerapan penyederhanaan penjumlahan dan pengurangan pecahan Matematika Proses pembelajaran yang berlangsung di kelas IV SDN Sumber 2 Blitar belum sesuai dengan pembelajaran yang dicanangkan dalam KTSP. Dalam proses pembelajaran yang berlangsung guru masih mendominasi kegiatan belajar dan tidak diikuti oleh keaktifan siswa. Siswa terlihat tidak antusias dalam mengikuti proses belajar. Kondisi ini sangat mengganggu kegiatan pembelajaran. Perlu ada suatu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Model Course Review Horay (CRH) adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat menghadirkan situasi pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan. Model ini merupakan cara belajar-mengajar yang lebih menekankan pada pemahaman materi yang diajarkan guru dengan menyelesaikan soal-soal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rencana pembelajaran (RPP) dengan model Course Review Horay dan pelaksanaan pembelajaran model Course Review Horay pada penyederhanaan penjumlahan dan pengurangan Matematika kelas IV SDN Sumber 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif- kasus tunggal. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi. Instrument pengumpul data berupa lembar observasi yaitu APKG 1 desain pembelajaran/ RPP dengan menerapkan model Course Review Horay dan APKG 2 kemampuan mengajar dengan menerapkan model Course review Horay serta lembar wawancara. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sumber 2 Blitar . Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama perencanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat guru dengan menerapkan model Course Review Horay didesain dengan baik dengan hasil rata-rata persentase sebesar 80%. Kedua pelaksanaan pembelajaran guru dengan menerapkan model Course Review Horay dilaksanakan dengan baik dengan hasil rata-rata persentase sebesar 81 5%. Ketiga kenampakan aktivitas siswa pada pembelajaran yang menerapkan model Course Review Horay dilaksanakan dengan sangat baik dengan hasil persentase sebesar 92 5%. Keempat pembelajaran dengan model Course Review Horay dapat mewujudkan kegiatan belajar aktif kreatif efektif dan menyenangkan bagi siswa. Kelima model Course Review Horay dapat diterapkan pada penyederhanaan penjumlahan dan pengurangan pecahan Matematika di kelas IV SDN Sumber 2 Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6054 |
Actions (login required)
View Item |