Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu Numbered Heads Together (NHT) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan berpikir ktitis, pengetahuan, sikap, dan perilaku pengelolaan sampah kelas VII SMP Negeri 1 Megaluh Jombang / Arini Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu Numbered Heads Together (NHT) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan berpikir ktitis, pengetahuan, sikap, dan perilaku pengelolaan sampah kelas VII SMP Negeri 1 Megaluh Jombang / Arini Rahma

Dhani, Arini Rahma (2015) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu Numbered Heads Together (NHT) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan berpikir ktitis, pengetahuan, sikap, dan perilaku pengelolaan sampah kelas VII SMP Negeri 1 Megaluh Jombang / Arini Rahma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dhani Arini Rahma. 2015. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadu Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Modul Pengelolaan Sampah Berbasis 6M Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pengetahuan Sikap dan Perilaku Pengelolaan Sampah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Megaluh Jombang. Tesis Jurusan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata kunci Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadu Numbered Heads Together (NHT) Modul Pengelolaan Sampah 6M Keterampilan Berpikirir Kritis Pengetahuan Sikap Perilaku Pengelolaan Sampah. Pendidikan tentang pengelolaan sampah diperlukan sebagai upaya untuk mengubah perilaku manusia menjadi terampil mengelola sampah. Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Sistem Pengelolaan Persampahan (KSNP-SPP) salah satu strategi dalam peningkatan peran aktif masyarakat untuk melaksanakan pengelolaan sampah ialah dengan meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan sampah sejak dini melalui pendidikan bagi anak usia sekolah. Kurikulum KBK 2006 (KTSP) dan 2013 merupakan kurikulum yang berbasis kompetensi sehingga pada setiap mata pelajaran harus mampu mendukung tiga ranah kompetensi kelulusan yaitu pengetahuan sikap dan keterampilan/perilaku. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu NHT berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan berpikir kritis 2) mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu NHT berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap pengetahuan 3) mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu NHT berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap sikap 4) mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu NHT berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap perilaku pengelolaan sampah. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas penelitian adalah pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu NHT berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M. Analisis yang digunakan adalah analisis anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu NHT berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis pengetahuan sikap dan perilaku pengelolaan sampah kelas VII SMP Negeri 1 Megaluh Jombang. Nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu NHT berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M pada keterampilan berpikir kritis sebesar 78 nilai rata-rata pengetahuan sebesar 88 nilai rata-rata sikap sebesar 91 dan nilai rata-rata perilaku pengelolaan sampah sebesar 60. Saran yang dapat diajukan sebagai berikut (1) sebaiknya saat pemanggilan nomor siswa yang ditun juk adalah siswa yang jawabannya kurang tepat atau paling berbeda dari siswa lainnya (2) kebosa naan siswa dalam pembelajaran dapat diatasi dengan membuat pem belajaran yang kreatif dan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan (3) pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu NHT berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M direkomendasikan dalam pembelajaran biologi di tingkat SMP (4) penggunaan modul pengelolaan sampah berbasis 6M dapat dipadukan dengan strategi maupun pendekatan pembelajaran kontekstual lain (5) modul pengelolaan sampah berbasis 6M ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dimasukkan dalam kurikulum Ilmu Pengetahuan Lingkungan (6) modul pengelolaan sampah berbasis 6M ini dapat menjadi bahan pertimbangan sebagai sarana menuju program sekolah Adiwiyata maupun sebagai penunjang progam sekolah Adiwiyata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60538

Actions (login required)

View Item View Item