Perbandingan minat baca dan kesadaran metakognitif siswa kelas X SMA Malang pada model pembelajaran biologi berbasis Reading Concept Map Cooperative Integrated Reading and Composition (REMAP CIRC), Reading Concept Map Group Investigation (REMAP GI) dan Reading Concept M - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan minat baca dan kesadaran metakognitif siswa kelas X SMA Malang pada model pembelajaran biologi berbasis Reading Concept Map Cooperative Integrated Reading and Composition (REMAP CIRC), Reading Concept Map Group Investigation (REMAP GI) dan Reading Concept M

Hayati, Nur (2015) Perbandingan minat baca dan kesadaran metakognitif siswa kelas X SMA Malang pada model pembelajaran biologi berbasis Reading Concept Map Cooperative Integrated Reading and Composition (REMAP CIRC), Reading Concept Map Group Investigation (REMAP GI) dan Reading Concept M. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hayati Nur. 2015. Perbandingan Minat Baca dan Kesadaran Metakognitif Siswa Kelas X SMA Malang pada Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map Cooperative Integrated Reading and Composition (Remap CIRC) Reading Concept Map Group Investigation (Remap GI) dan Reading Concept Map Teams Games Tournaments (Remap TGT). Tesis Jurusan Pendi dikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata kunci Model pembelajaran biologi berbasis Remap CIRC Remap GI dan Remap TGT minat baca kesadaran metakognitif Rendahnya minat baca siswa Indonesia yang ditunjukkan oleh berbagai hasil penelitian pada umumnya berpengaruh kurang baik terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa minat baca dan kesadaran metakognitif siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMA Negeri 9 Malang serta X MIA 1 SMA Negeri 7 Malang masih rendah. Berdasarkan hasil refleksi terhadap proses pembelajaran dilakukan perbaikan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran biologi berbasis Reading Concept Map Reading Concept Map Cooperative Integrated Reading and Composition (Remap CIRC) Reading Concept Map Group Investigation (Remap GI) dan Reading Concept Map Teams Games Tournaments (Remap TGT). Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilaksanakan di SMA Negeri 9 Malang dan SMA Negeri 7 Malang pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 mulai bulan September sampai Desember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat baca dan kesadaran metakognitif siswa pada model Remap CIRC Remap GI dan Remap TGT. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri Malang semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini meliputi siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMA Negeri 9 Malang serta X MIA 1 SMA Negeri 7 Malang sebagai kelompok eksperimen sedangkan siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 9 Malang sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengukuran penelitian ini terdiri atas lembar survei inventarisasi minat baca lembar inventori kesadaran metakognitif dan lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran Remap CIRC Remap GI dan Remap TGT. Data hasil penelitian ini berupa data minat baca kesadaran metakognitif dan keterlaksanaan sintaks pembelajaran yang selanjutnya dianalisis dengan analisis kovarian (Anacova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Remap CIRC memberikan pengaruh paling besar terhadap minat baca dan kesadaran metakognitif siswa dibandingkan model Remap GI dan Remap TGT. Model Remap GI memberikan pengaruh paling kecil terhadap minat baca siswa dan model Remap TGT memberikan pengaruh paling kecil terhadap kesadaran metakognitif siswa. Nilai minat baca terkoreksi pada kelas yang diajar dengan model Remap CIRC sebesar 82 90 disusul model Remap TGT dan model Remap GI berturut-turut sebesar 80 49 dan 76 23. Nilai kesadaran metakognitif terkoreksi pada kelas yang diajar dengan model Remap CIRC sebesar 82 27 disusul model Remap GI dan model Remap TGT berturut-turut sebesar 75 21 dan 69 50. Berdasarkan data penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan minat baca dan kesadaran metakognitif siswa kelas X SMA Malang pada model pembelajaran Remap CIRC Remap GI dan Remap TGT. Saran yang dapat diajukan berdasarkan hasil penelitian ini adalah sebaiknya model Remap CIRC diterapkan di kelas karena model Remap CIRC memberikan pengaruh paling besar terhadap minat baca dan kesadaran metakognitif siswa dibandingkan model Remap GI dan Remap TGT. Penelitian mengenai minat baca dan kesadaran metakognitif sebaiknya dilakukan dalam waktu yang lebih lama lagi agar dapat meningkatkan minat baca dan kesadaran metakognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60534

Actions (login required)

View Item View Item