Pengembangan buku ajar biologi pendukung blended learning untuk memfasilitasi kemampuan digital literacy dan communication mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM / Fendy Hardian Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar biologi pendukung blended learning untuk memfasilitasi kemampuan digital literacy dan communication mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM / Fendy Hardian Permana

Permana, Fendy Hardian (2015) Pengembangan buku ajar biologi pendukung blended learning untuk memfasilitasi kemampuan digital literacy dan communication mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM / Fendy Hardian Permana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permana Fendy Hardian. 2015. Pengembangan Buku Ajar Biologi Pendukung Blended Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Digital Literacy dan Communication Mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D. (II) Dr. H. Istamar Syamsuri M.Pd. Kata kunci Buku ajar biologi Blended learning communication dan digital literacy. Pembelajaran dan buku ajar adalah dua hal yang saling melengkapi. Hasil observasi bulan September 2013 dalam pembelajaran biologi untuk mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM angkatan 2013/2014 menunjukkan mahasiswa kurang aktif saat diskusi dan mahasiswa tidak memiliki buku ajar biologi sebagai pegangan sehingga kemampuan digital literacy dan communication mahasiswa kurang. Permasalahan tersebut dipecahkan dengan mengembangkan buku ajar biologi dan diterapkan pembelajaran blended learning sebagai metode pembelajaran abad 21 untuk memfasilitasi kemampuan digital literacy dan communication mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan menganalisis kelayakan menguji keefektifan dan menguji kepraktisan buku ajar biologi pendukung blended learning untuk memfasilitasi kemampuan digital literacy dan communication mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan menurut Thiagarajan (1974) yaitu dengan model 4D dengan tahapan model meliputi define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Pengembangan dalam penelitian ini pada tahap ketiga saja. Pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan buku ajar biologi yang dikembangkan sebagai pendukung blended learning. Lesson study juga diterapkan untuk membantu dalam pengumpulan data dan meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran dengan plan do see. Penelitian ini dilakukan pada 2 offering yaitu offering H (Kegiatan pembelajaran menggunakan buku ajar biologi pendukung blended learning) dan I (Kelas kontrol). Penilaian kelayakan buku ajar dengan menggunakan lembar validator yang dinilai oleh pembimbing ahli media ahli materi dan uji coba terhadap buku ajar ini menunjukkan hasil valid dan layak. Penilaian keefektifan buku ajar dengan menggunakan tes kognitif dan rubrik penilaian kemampuan communication dan digital literacy ini menunjukkan hasil yang efektif untuk diterapkan. Penilaian kepraktisan dengan menggunakan lembar observasi kegiatan pembelajaran dan angket kegiatan pembelajaran ini menunjukkan hasil yang praktis untuk diterapkan. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa buku ajar ini layak efektif dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan membelajarkan biologi pada mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM untuk memfasilitasi kemampuan digital literacy dan communication mahasiswa. Beberapa saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil pengembangan produk yang telah dilaksanakan adalah bagi dosen guru dan peneliti lain produk yang dikembangkan dapat dijadikan inspirasi untuk mengembangkan produk lain yang membuat mahasiswa/siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60532

Actions (login required)

View Item View Item