Identifikasi variasigenetik kerbau (Bubalus bubalis) endemik lokal Kabupaten Cirebon berbasis mikrosatelit sebagai bahan ajar genetika di IAIN Syekh Nurjati Cirebon / Dede Cahyati Sahrir - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi variasigenetik kerbau (Bubalus bubalis) endemik lokal Kabupaten Cirebon berbasis mikrosatelit sebagai bahan ajar genetika di IAIN Syekh Nurjati Cirebon / Dede Cahyati Sahrir

Sahrir, Dede Cahyati (2015) Identifikasi variasigenetik kerbau (Bubalus bubalis) endemik lokal Kabupaten Cirebon berbasis mikrosatelit sebagai bahan ajar genetika di IAIN Syekh Nurjati Cirebon / Dede Cahyati Sahrir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sahrir Dede Cahyati. 2015. Identifikasi Variasi Genetik Kerbau (Bubalus bubalis) Endemik Lokal Kabupaten Cirebon Berbasis Mikrosatelit sebagai Bahan Ajar Genetika di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr. Mohamad Amin S.Pd. M.Si (II) Dr. Endang Suarsini M.Ked. Kata Kunci variasi genetik kerbau (Bubalus bubalis) mikrosatelit bahan ajar genetika Potensi kerbau (Bubalus bubalis) di Kabupaten Cirebon banyak dimanfaatkan oleh masyarakat diantaranya adalah pemanfaatan daging sebagai pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat pemanfaatan kulitnya sebagai bahan baku kerupuk dan pemanfaatan kotorannya sebagai campuran pembuatan bata merah. Tingginya pemanfaatan kerbau di Kabupaten Cirebon belum diimbangi dengan pelestarian yang baik. Berita resmi statistik berdasarkan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (2013) menunjukkan bahwa pertumbuhan populasi kerbau di wilayah Cirebon mengalami penurunan sebesar 12 46% dalam rentang waktu 3 tahun terakhir yaitu tahun 2011-2013. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya konservasi dengan mengetahui variasi genetik kerbau menggunakan penanda molekular mikrosatelit.Salah satu matakuliah yang menuntut keterampilan mahasiswa dalam penguasaan prinsip dan prosedur analisis materi genetik adalah matakuliah Genetika. Permasalahan mahasiswa dalam matakuliah Genetika adalah kebutuhan terhadap buku ajar berbasis penelitian yang berisi mengenai prinsip dan prosedur materi Genetika. Adanya buku ajar yang tersebut akan menjadikan mahasiswa mampu memiliki kompetensi yang diharapkan dalam perkuliahan Genetika baik dari kompetensi pengetahuan kompetensi keterampilan maupun kompetensi kinerja di laboratorium. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keragaman fenotip dan genotip kerbau (Bubalus bubalis) endemik lokal Kabupaten Cirebon serta menghasilkan buku ajarGenetika berdasarkan hasil penelitian identifikasi kerbau endemik lokal Kabupaten Cirebon berbasis mikrosatelit. Analisis keragaman genetik menggunakan penanda mikrosatelit pada lokus HEL 009 INRA 023 dan INRA 032. Metode penelitian yang digunakan terdiri atas 2 tahap yaitu 1) deskriptif eksploratif dan 2) pengembangan. Pengembangan buku ajar pengantar genetika prinsip dan prosedur ditujukan untuk dijadikan bahan ajar penunjang proses pembelajaran matakuliah Genetika di Jurusan Tadris IPA-Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebondengan mengadaptasi model R D yang disusun oleh Dick dan Carey(Dick et al 2009). Hasil penelitian menunjukkan terdapat variasi fenotip pada kerbau endemik lokal Kabupaten Cirebon antara populasi kerbau di Kecamatan Ciledug dan Kecamatan Pabuaran berdasarkan ciri morfologi yaitu bentuk tubuh warna kulit tubuh warna iris mata bentuk tanduk lingkar dada tinggi pinggul panjang badan panjang kepala panjang leher dan panjang ekor. Adanya variasi genotippada populasi kerbau di Kecamatan Ciledug dan Kecamatan Pabuaran juga ditunjukkan berdasarkan frekuensi alel nilai heterozigositas dan PIC(Polimorfic Information Content). Pengembangan Bahan ajar berupa buku ajar Pengantar Genetika Prinsip dan Prosedur menunjukan kriteria sangat layak sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan ajar penunjang untuk matakuliah Genetika di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Keunggulan dari buku ini yaitu (a)Materi yang terdapat pada buku ajar merupakan materi yang berbasis penelitian yang bersifat kontekstual dan mampu mendorong mahasiswa mengembangkan kompetensi keterampilannya (b) komponen situs terkait yang ada pada buku ajar juga membantu mahasiswa belajar mandiri untuk memperluas wawasan dengan mengakses website yang berhubungan dengan materi dalam buku secara online (c) dilengkapi gambar dan bagan berwarna sehingga dapat mempermudah mahasiswa dan (d) dilengkapi dengan asah kemampuan evaluasi bab dan refleksi belajar sehingga mahasiswa dapat mengukur tingkat penguasaan terhadap materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60531

Actions (login required)

View Item View Item