Hubungan antara minat baca, keterampilan metakognitif, dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model reading concept map-Think Pair Share (TPS) / Linda Tri Antika

Antika, Linda Tri (2015) Hubungan antara minat baca, keterampilan metakognitif, dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model reading concept map-Think Pair Share (TPS) / Linda Tri Antika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Antika, Linda Tri. 2015. Hubungan antara Minat Baca, Keterampilan Metakognitif, dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Diajar dengan Model Reading-Concept Map-Think Pair Share (TPS). Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. A.D. Corebima, M.Pd., (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd. Kata Kunci: Minat baca, keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, Reading-Concept Map-Think Pair Share (TPS) Pada pembelajaran biologi, siswa dituntut untuk aktif dalam menemukan konsep-konsep utama dari materi, baik melalui kegiatan observasi, eksperimen, membuat gambar, grafik, tabel, dan mengkomunikasikan hasilnya pada orang lain. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan kompetensi siswa yang dapat dilihat pada hasil belajar kognitif siswa. Hasil belajar kognitif masing-masing siswa sangat dimungkinkan berbeda, karena terdapat banyak faktor (variabel) yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa, seperti minat baca, keterampilan metakognitif, dan berpikir kritis. Beberapa penelitian mengenai hubungan antara minat baca, keterampilan metakognitif, dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif telah banyak dilakukan sebelumnya. Namun, penelitian tersebut hanya terbatas pada hubungan tunggal antara satu variabel prediktor dengan satu variabel kriterium. Penelitian hubungan ganda antara dua variabel prediktor (keterampilan metakognitif dan berpikir kritis) dengan hasil belajar kognitif juga telah pernah diungkap. Akan tetapi, hubungan ketiga variabel prediktor (minat baca, keterampilan metakognitif, dan keterampilan berpikir kritis) dengan hasil belajar belum diungkap, padahal kajian hubungan ganda antara ketiga variabel prediktor dengan hasil belajar kognitif akan memberikan informasi yang lebih baik mengenai bagaimana ketiga variabel tersebut dapat menjelaskan hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan hubungan antara minat baca, keterampilan metakognitif, dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif biologi berbasis Remap TPS; dan 2) menjelaskan sumbangan antara minat baca, keterampilan metakognitif, dan keterampilan berpikir kritis dalam menjelaskan hasil belajar kognitif. Penelitian ini menggunakan rancangan korelasional. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 di SMA Negeri 2 Malang semester ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data minat baca menggunakan angket minat baca dan tes essay. Hasil belajar kognitif mengacu pada level kognitif C2 hingga C4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang signifikan antara minat baca, keterampilan metakognitif, dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif; dan 2) sumbangan keterampilan metakognitif lebih tinggi dibandingkan dengan minat baca dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi para pendidik untuk memperhatikan minat baca, keterampilan metakognitif, dan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran karena peningkatan ketiga variabel tersebut berdampak pada peningkatan hasil belajar kognitif. Selain itu, disarankan pula untuk menggunakan model Remap TPS karena berpotensi memberdayakan minat baca, keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, serta hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60530

Actions (login required)

View Item View Item