Problematika pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SDN Senggreng 04 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Nur Habibi Ardiansyah Agustian

Agustian, Nur Habibi Ardiansyah (2015) Problematika pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SDN Senggreng 04 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Nur Habibi Ardiansyah Agustian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustian, NurHabibiArdiansyah. 2015. ProblematikaPelaksanaanPembelajaranTematikBerdasarkanKurikulum 2013 di SDN Senggreng 04 KecamatanSumberpucungKabupaten Malang.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.HeruAgus Tri Widjaja,M.Pd, (II) Dra. Sri EstuWinahyu, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajarantematik, studikasus, kurikulum 2013, problematika Kurikulum 2013 secararesmitelahdilaksanakanserentakpadaseluruhsekolah di Indonesia, mulaidarijenjang SD, SMP, sampai SMA/SMK.Terdapatperubahandalampembelajaranpadajenjang SD yaknimenggunakanpembelajarantematik.Namunberdasarkanhasilobservasiawaldanwawancara di SDN Senggreng 04, ditemukanhasilbahwa guru mengalamikesulitanpadasaatpelaksanaanpembelajarantematik yang meliputitahapperencanaan, pelaksanaan, danpenilaian.Olehkarenaitu, penelitimelakukanpenelitiantentangproblematikapelaksanaanpembelajarantematikberdasarkankurikulum 2013 denganfokuspenelitianantara lain: (1) problematikadalammerencanakanpembelajarantematik; (2) problematikadalammelaksanakanpembelajarantematik; (3) problematikadalammelaksanakanpenilaianpembelajarantematik. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru kelas I, II, IV, dan IV di SDN Senggreng 04 Kecamatan Sumberpucung. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data direduksi dan disajikan untuk kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ketika membuat perencanaan guru mengalami kesulitan antara lain merumuskan tujuan pembelajaran terutama dalam mencantumkan unsur D (Degree), pengembangan materi pembelajaranan, pengembangan kegiatan menanya pada langkah kegiatan RPP, dan tidak lengkapnya guru dalam menuliskan komponen RPP berupa rincian alokasi waktu serta lampiran pada RPP. (2) problematika guru ketika melaksanakan pembelajaran tematik yaitu guru kesulitan saat melaksanakan pendekatan saintifik secara utuh, memanfaatkan media pembelajaran, serta mengembangkan kegiatan pembelajaran dikarenakan guru hanya terfokus pada buku guru dan buku siswa pada saat pembelajaran. (3) problematika guru ketika memberikan penilaian pembelajaran tematik yaitu memberikan penilaian sikap dan melaksanakan penilaian pengetahuan di akhir pembelajaran. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan jika guru kurang memahami konsep pembelajaran tematik sehingga guru masih mengalami problematika. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk mengikuti pelatihan kurikulum 2013 serta mengadakan diskusi antar guru seperti forum KKG.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6053

Actions (login required)

View Item View Item