Kajian banding pengaruh model PBMP dan TPS dalam pembelajaran IPA terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan kemampuan kognitif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan / Agus Daheri - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian banding pengaruh model PBMP dan TPS dalam pembelajaran IPA terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan kemampuan kognitif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan / Agus Daheri

Daheri, Agus (2015) Kajian banding pengaruh model PBMP dan TPS dalam pembelajaran IPA terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan kemampuan kognitif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan / Agus Daheri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Daheri Agus. 2015.Kaji Banding Pengaruh Model PBMP dan TPS dalam Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Metakognitif Keterampilan Berpikir Kritis dan kemampuan Kognitif Peserta Didik kelas VII SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan.Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Duran Corebima Aloyssius M.Pd. (II) Prof.Dr. Siti Zubaidah M.Pd. Katakunci Pola PBMP TPS Keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kogntif. Mutu pendidikan Indonesia selama ini tetap tidak banyak meningkat dalam perbandingannya dengan mutu pendidikan di berbagai negara lain hal tersebut salah satunya disebabkan oleh kurang diberdayakannya kemampuan berpikir peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah. Proses pembelajaran yang ada sebagian besar masih mengembangkan kemampuan menghafal. Peserta didik dipaksa untuk mengingat dan menimbun informasi tanpa pernah dijelaskan utuk apa informasi tersebut bagi kehidupan mereka. Selain itu dalam proses pembelajaran masih banyak ditemukan guru lalai mengembangkan kemampuan kognitif tingkat tinggi. Saat inisebagian besar proses pembelajarandi sekolah-sekolah lebih khususdi SMP Negeri 1 Lekok pemberdayaan kemampuan berpikir masih sebatas tingkatan menghafalkan belum menyentuh kemampuan berpikir tingkat tinggi dan metakonitif. Berkaitan dengan fakta-fakta tersebut maka agar peserta didik dapat mengembangkan keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitifnya maka diperlukan proses pembelajaran yang didalamnya menerapkan model pembelajaran yang mampu memberdayakan keterampilan metakognitif danketerampilan berpikri kritis dan kemampuan kognitif yaitu dengan menggunakan model Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan digabung dengan Model TPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh strategi pembelajaran modelPBMP dan TPS dalam pembelajaran IPAterhadap keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif peserta didik SMP Negeri 1Lekok Kabupaten Pasuruan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu. Desainpenelitian yang digunakanadalahcontrol group pre testpost test.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhpesertadidikkelas VII SMPNegeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruantahunpembelajaran 2013/2014.Data dalampenelitianiniadalahberupa data keterampilanmetakognitif keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif.Semua data tersebutdianalisissecarastatistik.Sesuaidengandesaindanhipotesis yang diajukandalampenelitianini makaanalisis yang digunakanadalahAnakovadengan skor pre tessebagaikovariannya. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 pada SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini tergolong quasi experimen.Variabel bebas pada penelitian ini adalah strategi pembelajaran model PBMP dipadu dengan TPS sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan metakognitf keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif peserta didik. Keterampilan metakognitif diukur dengan menggunakan rubrikmetakognitif yang mengacu kepada Corebima (2009) sedangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif menggunakan rubrik terkait yang mengacu kepada skala Hart (1994). Penelitian eksperimen dilakukan melalui tiga tahapan yaitu survei pengembangan perangkat pembelajaran dan pelaksanaan eksperimen. Analisis data terkait pengaruh model PBMP dan TPS terhadap keterampilan matkognitif keterampilan berpikir kritis dankemampuan kognitif dilakukan melalui anakova keterlaksanaankonsistensi sintaks pembelajaran dianalisa menggunakan analisis regresi sederhana. Keseluruhan analisis data dilakukan melalui program SPSS MSWINDOWS 16.00. Atas dasar analisis data diperoleh hasil-hasil sebagai berikut ada pengaruh model pembelajaran PBMP dipadu dengan TPS terhadap (1) keterampilan metakognitif (2) keterampilan berpikir kritis dan (3) kemampuan kognitif. Model pembelajaran tersebut memberikan pengaruh yang lebih tinggi terhadap ketiga parameter yang diukur dibanding pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan model PBMP dan TPS dalam pembelajaran IPA terhadap (1) keterampilan metakognif (2) keterampilan berpikir kritis dan (3) kemampuan kognitif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Beberapa saran yang direkomendasikan yaitu (1)gurukhususnya guru IPA (sains) meninggalkan strategi pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran dan mulai menerapkan strategi pembelajaran yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan metakognitif keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitifnya. Saran tersebut sangat dianjurkan karena strategi pembelajaran konvensional terbukti kurang berpotensi memberdayakan keterampilan berpikir peserta didik. Hasil penelitian menemukan bahwa pada tingkat SMPketerampilan metakognitif keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif peserta didik dapat dilatih dengan strategi pembelajaran yang secara khusus dirancang untuk mengembangkan ketiga kemampuan tersebut. Strategi pembelejaran dengan pola PBMP dipadu dengan TPS sangat disarankan dan dianjurkan digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran pada berbagai mata pelajaran khususnya mata pelajaran IPA (sains). Evaluasi atas pelaksanaan penelitian ini maka disarankan agar peneliti terutama apabila yang bertindak sebagai peneliti adalah guru agar memahami betul prosedur penggunaan pola PBMP dan tahapan model pembelajaran tipe TPS serta penggabungannya. Ada baiknya guru yang sekaligus bertindak sebagai peneliti sebelum melakukan proses pengambilan data dalam penerapannya dilakukan uji coba dalam bentuk pra penelitian terutama apabila model atau pola tersebut diaplikaksikan pada kalangan peserta didik yang tidak pernah mengalami model pembelajaran non konvensional. Saranlebih lanjut terkait pentingnyakemampuanguru dalam mempengaruhi keberhasilan pembelajaran maka diharapkan agar Kepala Sekolah dan bahkan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan memberikan perhatiannya dengan melakukan upaya-upaya nyatayang ditujukan untuk pembinaan peningkatan profesionalisme guru. Guru profesional diyakini lebih mampu menerapkan strategi-strategi pembelajaran yang dapat memberdayakan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kemampuan guru tersebut pada gilirannya dapat mengoptimalkan upaya peningkatan keberhasilan pendidikan. ABSTRACT Daheri Agus. 2015. Comparative Study on The Effect of TETQ and TPS Model in The Science Teaching and Learning Process Towards Metacognitif Critical Thinking and Cognitif Skill in Grade VII Student of Lekok 1 State Junior High School Pasuruan. Thesis Biology Education Program Postgraduate Program of Malang State University. Advisor (I) Prof. Dr. Duran Corebima Aloyssius M.Pd. (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. Keywords TETQ Model TPS metacognitive skill critical thinking skill cognitive skill Indonesia s education quality still hasn t much improved compared to education quality in other countries and one that may factors is the lack of encourage in student s thinking skill during the learning process in school. Most of the process still dominated in memorizing skill. Students are forced to keep memorizing and save abundant of informations without any explanation on the use of those. Beside that still there are many teachers missed the process of development in student s advanced thinking skill. Most of learning process in schools especially Lekok 1 Junior High School still left in memorizing and hasn t touch the area of advanced thinking or metacognitive skill. Due to that fact it needs a learning process that involved a model that appropriate to encourage metacognitive skill critical thinking skill and cognitive skill which uses Thinking Encouragement Through Questioning (TETQ) Model and TPS Model to develop student s metacognitive skill. This research purposed to know the effect of learning strategy using TETQ and TPS model on the learning process.of science subject in the student of Lekok 1 Junior High School in Pasuruan. This research designed with apparent experiment which uses control group pre test post test. The population is all grade VII student in Lekok 1 Junior High School Pasuruan in the year 2013/2014 period. Tha data are the data of metacognitive skill critical thinking and cognitive learning result. All the data are statistically analyzed. As proposed in the design and hipotesa the analysis will use Anakova with the pre test score as the covariant. The research is done during the even semester year 2013/2014 period in Lekok 1 Junior High School and classified as Quasi experiment. The free variable is the strategy of learning using TETQ model combined with TPS while the bound variable is the metacognitive critical thinking and cognitive skill of student. The metacognitive skill is measured by metacognitive column refers to Corebima (2009) while the critical thinking and cognitive skill measured using column refers to Hart s scale (1994). The research conducted in three phases they are survey the development of learning devices and the execution. The data analysis related to the effect of TETQ and TPS model on the metacognitive critical thinking and cognitive skill post the learning process through Anakova the execution of learning syntax concistency analyzed using simple regression analysis. Whole data then being analyzed using SPSS MSWINDOWS 16.00 Program. Based on the data analysis achieved results as below there is an effect from TETQ model combined with TPS in the learning process to (1) metacognitive skill (2) critical thinking skill and (3) cognitive skill. That learning model gives better effect to all the three measured parameters than the conventional learning procedure. This research concludes that there is effect on the implementation of TETQ model and TPS in science subject learning to (1) metacognitive skill (2) critical thinking skill and (3) cognitive skill in the grade VII student of Lekok 1 Junior High School Pasuruan. There are severeal recommended advices (1) teachers especially for science subject have to leave the conventional learning strategy in the learning process and start to implement learning strategy that helps student to improve their metacognitive critical thinking and cognitive skill. That advice is highly recommended since the conventional strategy proved its lack in developing student s thinking ability. The finding of this research shows that student s metacognitive critical thinking and cognitive skill can be trained with an appropriate method that specially designed to develop it. Learning strategy that uses TETQ model and TPS is highly recommended to teacher for the learning process especially on science subject. Evaluation on this research is a recommendation for researcher especially if the researcher is teacher to comprehend the procedure of TETQ and the steps in TPS model and also the combination. It will be better if teacher which also researcher takes pre-step data with a try out in form of pre research especially if the model or pattern is applied to student that never get the non conventional learning model. Further advice related to the importance of teacher s skill in affecting the learning success the principal and the government via the education department should grant a program in purpose to improve teacher s professionalism. It is believed that a professional teachers are able to implement the learning strategies which able to encourage student s advanced thinking skill. That skill in teacher will optimalized the improvement of efforts on education success.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60526

Actions (login required)

View Item View Item