Habibah, Kurnia Nurul (2015) Pengaruh gender terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi pada penerapan strategi pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dipadu TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas XI IPA di Malang / Kurnia Nurul Habibah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Habibah Nurul Kurnia. 2015. Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Meta-kognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI IPA pada Penerapan Strategi Pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) Dipadu TPS (Think Pair Share) di Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd. (2) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D. Kata Kunci Gender Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Kognitif Biologi Strategi Pembelajaran PBMP dipadu TPS. Gender merupakan salah satu faktor yang diakui berdampak pada perkembangan mental dan pencapaian prestasi belajar siswa. Berdasarkan pada temuan terkait pencapaian hasil belajar pada umumnya menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki. Perlu ada upaya untuk memberikan lingkungan belajar yang sesuai baik bagi siswa laki-laki maupun siswa perempuan melalui penerapan strategi pembelajaran yang tepat. Pencapaian hasil belajar siswa akan baik apabila mereka memiliki keterampilan metakognitif yang baik pula. Salah satu strategi yang dapat memberdayakan keterampilan metakognitif adalah strategi pembelajaran PBMP dipadu TPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gender terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI IPA pada penerapan strategi pembelajaran PBMP dipadu TPS. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gender. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di Malang tahun ajaran 2012/2013 semester ganjil. Sampel sekolah yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 9 Malang dan SMA Al Maarif Singosari. Kedua sekolah tersebut telah diuji kesetaraannya dengan menggunakan nilai rapor kelas X semester genap. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif adalah tes essay. Penilaian keterampilan metakognitif menggunakan rubrik sedangkan hasil belajar kognitif menggunakan kunci jawaban. Hipotesis penelitian diuji menggunakan Anakova. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0 686 untuk keterampilan metakognitif sedangkan untuk hasil belajar kognitif nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0 925. Hal ini mengartikan bahwa gender tidak berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI IPA pada penerapan strategi pembelajaran PBMP dipadu TPS. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ini mampu meminimalisir perbedaan gender melalui pembelajaran sehingga siswa laki-laki dan perempuan dapat mencapai keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif yang setara. Peneliti menyarankan perlu dilakukannya penelitian tentang pengaruh gender pada penerapan strategi pembelajaran lain yang berpotensi dalam memberdayakan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Melalui penelitian serupa akan didapatkan informasi yang lebih luas tentang strategi pembelajaran mana yang sesuai bagi siswa laki-laki dan perempuan agar dapat memperoleh pencapaian keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif yang setara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60522 |
Actions (login required)
View Item |