Peningkatan pemahaman operasi hitung campuran melalui model Realistic Mathematic Education (RME) di kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Ryska Dewi Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman operasi hitung campuran melalui model Realistic Mathematic Education (RME) di kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Ryska Dewi Ratnasari

Ratnasari, Ryska Dewi (2015) Peningkatan pemahaman operasi hitung campuran melalui model Realistic Mathematic Education (RME) di kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Ryska Dewi Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnasari Ryska Dewi. 2015. Peningkatan Pemahaman Operasi Hitung Campuran Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Di Kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd Kata Kunci pemahaman operasi hitung campuran RME Berdasarkan hasil observasi di kelas II pada waktu pembelajaran Matematika (1) pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kreatif dalam menemukan konsep (2) penjelasan dari guru kurang dipahami oleh siswa (3) pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dan (4) siswa belum bisa mengerjakan operasi hitung campuran dengan cara yang benar. Penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model RME dalam pembelajaran opersi hitung campuran di kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman operasi hitung campuran di kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi tes catatan lapangan. Teknik analisis hasil penelitian yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model RME dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penerapan model RME dapat meningkatkan aktivitas guru yaitu sebesar 82% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Selain itu model RME juga dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu sebesar 69% pada siklus I meningkat menjadi 80%. Peningkatan pemahaman siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada saat pratindakan presentase ketuntasan klasikal sebesar 38% meningkat menjadi 87% pada siklus I dan meningkat lagi 92% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model RME dapat meningkatkan pemahaman operasi hitung campuran di Kelas II SDN Karangtengah 4. Disarankan kepada guru kelas II SDN Karangtengah 4 untuk menggunakan model RME dan metode yang bervariasi menggunakan media mengelola kelas dengan baik dalam pembelajaran matematika supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dan pembelajaran dapat tercapai khususnya pada materi operasi hitung campuran agar hasil belajar siswa meningkat dan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6052

Actions (login required)

View Item View Item