Pengembangan modul pendidikan lingkungan hidup dengan pendekatan sains lingkungan teknologi dan masyarakat sebagai upaya dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan / Rika Sigid Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pendidikan lingkungan hidup dengan pendekatan sains lingkungan teknologi dan masyarakat sebagai upaya dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan / Rika Sigid Susanti

Susanti, Rika Sigid (2015) Pengembangan modul pendidikan lingkungan hidup dengan pendekatan sains lingkungan teknologi dan masyarakat sebagai upaya dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan / Rika Sigid Susanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

12288 12288 12288 12288 Undang-Undang Menteri Negara dan Lingkungan Hidup Nomor 03/MENLH/02/2010 dan Undang-Undang Menteri Pendidikan Nasional Nomor 01/II/KB/2010 tentang Pendidikan Lingkungan Hidup menyatakan bahwa perlu dilakukan kebijakan pedoman program dan materi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di jalur pendidikan dasar dan menengah. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan pengetahuan sikap perilaku dan wawasan serta kepedulian lingkungan hidup peserta didik dan masyarakat Hasil observasi melalui penyebaran angket kepada guru mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup dan peserta didik bahwa pengelolaan sampah di SMKN 1 Bendo belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena pengelolaan sampah dilakukan oleh tim pengelola sampah yang telah dibentuk dan ditentukan oleh pihak sekolah. Peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pengelolaan sampah sehingga mereka kurang memiliki sikap peduli lingkungan terutama masalah sampah. Maka perlu dilakukan pengembangan modul Pendidikan Lingkungan Hidup pada materi pengelolaan sampah dengan pendekatan Sains Lingkungan Teknologi dan Masyarakat (Salingtemas) sebagai upaya dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan peserta didik. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan modul Pendidikan Lingkungan Hidup ini didasarkan pada model penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan atau model 4D dibatasi pada tahap develop (pengembangan). Format modul yang dikembangkan disesuaikan dengan komponen modul berdasarkan Depdiknas Tahun 2008. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan Sains Lingkungan Teknologi dan Masyarakat (Salingtemas). Instrument pengumpulan data meliputi angket guru PLH dan peserta didik pada analisis kebutuhan lembar validasi oleh tim ahli angket respons peserta didik terhadap modul pada uji keterbacaan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran observasi kegiatan peserta didik angket respons peserta didik terhadap pembelajaran dan instrument tes sikap peduli lingkungan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu modul PLH pengelolaan sampah dengan pendekatan Salingtemas telah divalidasi tim ahli dengan hasil sangat layak artinya modul yang dikembangkan telah layak untuk dilakukan uji coba modul pada pembelajaran PLH di kelas. Modul direvisi berdasarkan saran dari tim ahli dan peserta didik. Modul telah memenuhi karakteristik modul yang mengacu pada Russell (1974) yaitu self instruction self contained material stand alone adaptif dan user friendly. Uji coba modul dihasilkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Salingtemas telah dilakukan dengan baik oleh guru model peserta didik mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan respons positif dan sikap peduli lingkungan peserta didik meningkat sebesar 0 73 (kategori tinggi). Sehingga modul mempunyai potensi untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60516

Actions (login required)

View Item View Item