Implementasi bioteknologi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik dan pengembangan booklet bimbingan keterampilan pada anak asuh di UPT PSAA Trenggalek / Prapti Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi bioteknologi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik dan pengembangan booklet bimbingan keterampilan pada anak asuh di UPT PSAA Trenggalek / Prapti Rahayu

Rahayu, Prapti (2015) Implementasi bioteknologi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik dan pengembangan booklet bimbingan keterampilan pada anak asuh di UPT PSAA Trenggalek / Prapti Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

12288 12288 12288 12288 Keterampilan merupakan bekal berharga di masa yang akan datang bagi setiap anak tanpa terkecuali termasuk anak asuh di UPT Pelayanan Sosial Asuhan Anak Trenggalek karena manusia yang terampil diharapkan dapat mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Meningkatkan kemampuan psikomotorik melalui bimbingan keterampilan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada anak asuh di UPT PSAA Trenggalek. 2. Menghasilkan booklet bimbingan keterampilan dari hasil inovasi yang telah dilaksanakan pada saat bimbingan keterampilan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk anak asuh di UPT PSAA Trenggalek. 12288 12288 12288 12288 12288 Keseluruhan penelitian ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap I adalah penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mengukur kemampuan psikomotorik yaitu kemampuan membuat tempe dan yoghurt melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dan tahap II adalah menghasilkan booklet dari hasil pelaksanaan inkuiri terbimbing pada penelitian tahap I. Penelitian dilaksanakan pada bulan Nopember 2014 di UPT PSAA Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam mengukur kemampuan anak asuh membuat tempe dan yoghurt digunakan penilaian proyek proses dan produk. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Kemampuan psikomotorik anak asuh dalam membuat tempe dan yoghurt dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Peningkatan kemampuan psikomotorik ini tampak pada persentase pencapaian kemampuan psikomotorik anak asuh yaitu 93 2% pada akhir siklus II. 2. Informasi pembuatan tempe dan yoghurt dalam bentuk booklet bimbingan keterampilan sangat diharapkan oleh anak asuh sehingga dihasilkan booklet dari penelitian tahap I. Booklet telah divalidasi oleh validator ahli bioteknologi ahli media pembelajaran dan pengguna booklet bimbingan keterampilan dengan kualifikasi sangat baik artinya booklet tidak perlu direvisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60515

Actions (login required)

View Item View Item