Pengembangan modul bermuatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, afektif, psikomotor siswa kelas X7 MAN Malang II Batu pada materi keanekaragaman hayati / Nana Maria Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul bermuatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, afektif, psikomotor siswa kelas X7 MAN Malang II Batu pada materi keanekaragaman hayati / Nana Maria Ulfa

Ulfa, Nana Maria (2015) Pengembangan modul bermuatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, afektif, psikomotor siswa kelas X7 MAN Malang II Batu pada materi keanekaragaman hayati / Nana Maria Ulfa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan usaha membantu siswa untuk memproleh pengalaman belajar secara nyata dan siswa aktif mencari tahu konsep yang harus dipelajari (student center). Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangakan modul pembelajaran bermuatan inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman hayati untuk siswa kelas X7 MAN Malang II Batu 2) menguji efektifitas dari modul pembelajaran bermuatan inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif afektif psikomotor siswa kelas X7 MAN Malang II Batu pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D (four D model) oleh Thiagarajan (1974) terdiri dari Define Design Develop dan Dessiminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop. Hasil validasi modul oleh ahli pembelajaran materi dan guru menunjukkan modul berkualifikasi baik dan tidak direvisi. Analisis data initial developmental testing di kelas XI terhadap soal menunjukkan baik dan tidak direvisi. Quantitative developmental testing dilakukan pada kelas X untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis yang mengalami peningkatan sebelum dan sesudah pemberian modul sebesar 45 59 menjadi 80 57. Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan dari 0 35 kategori sedang menjadi 0 73 kategori tinggi. Hasil belajar afektif mengalami peningkatan dari 74 menjadi 85. Hasil belajar psikomotor mengalami peningkatan dari 35 kategori rendah menjadi 86 kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60514

Actions (login required)

View Item View Item