Kualitas nata dari kulit singkong dengan variasi varietas singkong dan macam gula sebagai materi booklet penyuluhan bagi masyarakat pengrajin tape di Bondowoso / Sayyidah Annisa

Annisa, Sayyidah (2015) Kualitas nata dari kulit singkong dengan variasi varietas singkong dan macam gula sebagai materi booklet penyuluhan bagi masyarakat pengrajin tape di Bondowoso / Sayyidah Annisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

    Bondowoso terkenal sebagai kota tape, dengan singkong sebagai bahannya, sehingga limbah kulit singkong melimpah. Salah satu cara pemanfaatan limbah kulit singkong adalah melalui diversifikasi pangan dengan menggunakan sari kulit singkong untuk membuat nata dengan bantuan Acetobacter xylinum. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh varietas singkong sebagai bahan dasar nata terhadap kualitas Nata dari kulit singkong berdasarkan tebal, berat, dan kadar serat nata, (2) menganalisis pengaruh macam gula suplemen terhadap kualitas nata dari kulit singkong berdasarkan tebal, berat, dan kadar serat nata, (3) menganalisis pengaruh interaksi antara varietas singkong dan macam gula terha-dap kualitas nata dari kulit singkong berdasarkan tebal, berat, dan kadar serat nata, (4) menghasilkan Booklet penyuluhan bagi masyarakat pengrajin tape berdasarkan hasil penelitian.     Metode penelitian ini ada dua tahap, yaitu: (1) penelitian eksperimen laboratorium, (2) Penelitin pengembangan, yaitu penyusunan booklet berdasarkan hasil penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan kombinasi perlakuan 2x3. Penelitian ini dilaksanakan bulan April 2014 sampai Oktober 2014, di Laboratorium Mikrobio-logi FMIPA Universitas Negeri Malang. Variabel bebas ada dua macam, yaitu: varietas singkong, terdiri dari singkong putih dan singkong kuning (mentega), dan macam gula, terdiri dari gula aren, gula pasir, dan gula palm. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak lima kali ulangan. Data hasil penelitian ini berupa tebal, berat, dan kadar serat lapisan nata. Hasil penelitian dianalisis menggunakan ANAVA, jika terdapat perbedaan dilanjutkan dengan Uji DMRT 5%. Validasi booklet dilakukan oleh tim ahli dengan bidang keahlian Mikrobiologi/ Bioteknologi, bidang keaahlian bahan ajar dan masyarakat pengrajin tape.     Hasil Penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh varietas singkong terhadap kualitas nata berdasarkan tebal, berat dan kadar serat nata. Singkong varietas putih menghasilkan nata dengan kualitas singkong yang lebih baik dibandingkan dengan singkong kuning, (2) ada pengaruh variasi macam gula terhadap kualitas nata berdasarkan tebal, berat dan kadar serat nata. Gula aren memberikan hasil terbaik terhadap kualitas nata, (3) ada pengaruh interaksi antara variasi varietas singkong dengan variasi macam gula terhadap kualitas nata berdasarkan tebal, berat, dan kadar serat nata. Singkong putih dengan penambahan gula aren memberikan hasil nata dari kulit singkong yang terbaik, (4) Telah tersusun booklet terhadap masyarakat pengrajin tape di kota Bondowoso, yang merupakan implementasi dari hasil penelitian tentang pengaruh variasi varietas singkong dan macam gula terhadap kualitas nata dari kulit singkong berdasarkan tebal, berat dan kadar serat lapisan nata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60513

Actions (login required)

View Item View Item