Penerapan lesson study berbasis madrasah untuk meningkatkan kinerja guru dan motivasi serta hasil belajar IPA siswa MTs N Rejoso Kabupaten Pasuruan / Herlina Sulistiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan lesson study berbasis madrasah untuk meningkatkan kinerja guru dan motivasi serta hasil belajar IPA siswa MTs N Rejoso Kabupaten Pasuruan / Herlina Sulistiani

Sulistiani, Herlina (2015) Penerapan lesson study berbasis madrasah untuk meningkatkan kinerja guru dan motivasi serta hasil belajar IPA siswa MTs N Rejoso Kabupaten Pasuruan / Herlina Sulistiani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sulistiani Herlina. 2014. Penerapan Lesson Study Berbasis Madrasah untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Motivasi serta Hasil Belajar IPA Siswa MTsN Rejoso Kabupaten Pasuruan. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Dr. H. Istamar Syamsuri M.Pd Kata Kunci Lesson Study Berbasis Madrasah Kinerja Guru Motivasi Belajar Hasil Belajar Lesson Study Berbasis Madrasah merupakan pelaksanaan lesson study di tingkat madrasah yang dilakukan secara kolaboratif dalam merencanakan melaksanakan mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran lesson study diimplementasikan secara berkelanjutan menggunakan multistrategi berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar dan merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar. Adanya prinsip kolaboratif kolegialitas dan mutual learning yang dibangun selama pembelajaran lesson study akan meningkatkan kinerja guru sehingga dapat memperbaiki proses pembelajaran yang akan berdampak terhadap peningkatan motivasi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk menjelaskan penerapan lesson study berbasis madrasah terhadap peningkatan kinerja guru motivasi dan hasil belajar siswa di MTs Negeri Rejoso Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan (action research) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik observasi angket dokumentasi dan tes tulis. Objek penelitian adalah 4 orang guru IPA di MTsN Rejoso siswa kelas VII dan kelas VIII di MTs Negeri Rejoso Pasuruan Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 236 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 Januari 2014. Lokasi penelitian di MTs Negeri Rejoso Pasuruan Jl. Raya Arjosari Rejoso Kabupaten Pasuruan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penilitian menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan Lesson Study Berbasis Madrasah di MTs Negeri Rejoso Kabupaten Pasuruan dapat peningkatan kinerja guru hal ini ditunjukan dengan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP melaksanakan pembelajaran kolabortif guru motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Saran untuk penerapan lesson study lebih lanjut adalah agar kepala Madrasah semua guru ikut berperan aktif dan merencanakan penerapan lesson study secara berkelanjutan sehingga peningkatan yang diharapkan dapat semakin terlihat hasilnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60510

Actions (login required)

View Item View Item