Peningkatan hasil belajar bangun datar melalui model Numbered Heads Together (NHT) di kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Andik Roni Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar bangun datar melalui model Numbered Heads Together (NHT) di kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Andik Roni Cahyono

Cahyono, Andik Roni (2015) Peningkatan hasil belajar bangun datar melalui model Numbered Heads Together (NHT) di kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Andik Roni Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyono Andik Roni. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Bangun Datar Melalui Model Numbered Heads Together (NHT) di Kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd (2) Dra. Widayati MH Kata Kunci hasil bangun datar model NHT Berdasarkan hasil observasi di kelas II pada waktu pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut (1) proses belajar mengajar masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kreatif dalam menemukan konsep (2) penjelasan dari guru kurang dapat dipahami oleh siswa dengan baik (3) dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dan (4) siswa banyak yang belum bisa menentukan sudut dan sisi bangun datar dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model NHT dalam pembelajaran bangun datar dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bangun datar di kelas II SDN Karangtengah 4 Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi tes catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model NHT dapat meningkatkan aktivitas guru yaitu dari sangat baik (85%) pada siklus I menjadi sangat baik (94%) pada siklus II. Model NHT juga dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu dari baik (72%) pada siklus I meningkat menjadi baik (79%). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada saat pratindakan presentase ketuntasan klasikal dari sangat kurang baik (38%) meningkat menjadi baik (83%) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi sangat baik (96%) pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar di Kelas II SDN Karangtengah 4. Disarankan kepada guru kelas II SDN Karangtengah 4 untuk menggunakan model NHT dan metode yang bervariasi menggunakan media mengelola kelas dengan baik dalam pembelajaran matematika supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai khususnya pada materi bangun datar agar hasil belajar siswa meningkat dan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6051

Actions (login required)

View Item View Item