Fais, Ahmad (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran materi metabolisme dengan menggunakan model inkuiri terbimbing di SMA Alhikmah Surabaya / Ahmad Fais. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fais ahmad. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Metabolisme Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing di SMA Al Hikmah Surabaya. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr. H. Mohamad Amin S.Pd. M.Si. (II) Dr. Umie Lestari M. Si. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Metabolisme Inkuiri terbimbing. Pembelajaran pada satuan pendidikan pada kurikulum 2013 diselenggarakan secara interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk memperkuat pendekatan ilmiah (scientific) perlu diterapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning). Salah satu upaya untuk mewujudkan pembelajaran sesuai dengan amanat kurikulum 2013 tersebut maka dilakukan pengembangan suatu perangkat pembelajaran yang dipadu dengan model pembelajaran. Model pembelajaran inkuiri terbimbing mendorong siswa untuk terlibat aktif melakukan percobaan menggali pengetahuan dan informasi secara langsung sampai memungkinkan siswa menemukan konsep-konsep dan prinsip yang berguna bagi mereka. Tujuan utama inkuiri adalah mengembangkan keterampilan intelektual berfikir kritis dan mampu memecahkan masalah secara ilmiah yang sejalan konsep pembelajaran pada kurikulum 2013. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran materi metabolisme dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA Al Hikmah Surabaya dengan hasil berupa silabus RPP dan modul pembelajaran materi metabolisme dengan model inkuiri terbimbing. Prosedur pengembangan mengadaptasi model pengambangan Dick and Carey yang terdiri dari 9 langkah yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melaksanakan analisis pembelajaran (3) analisis karakteristik peserta didik (4) merumuskan tujuan pembelajaran (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif dan (9) merevisi bahan pembelajaran. Hasil analisis skor penilaian perangkat pembelajaran menunjukkan ratarata persentase penilaian oleh ahli perangkat pembelajaran sebesar 85 42% ahli materi sebesar 96 73% serta praktisi pembelajaran di lapangan sebesar 90 99%. Hasil penilaian modul dalam uji kelompok kecil menunjukkan rata-rata persentase penilaian sebesar 78 55%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran telah layak diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan beberapa saran yang dapat disusun yaitu (1) pemanfaatan silabus RPP modul pembelajaran dan instrumen penilaian memerlukan pemahaman yang baik sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat sesuai dengan harapan dikembangkannya perangkat pembelajaran (2) pada pengembangan lebih lanjut penelitian ini dapat dilaksanakan sampai kepada uji coba utama dan dilakukan tahap desiminasi serta (3) perlu dilakukan sosialisasi terhadap perangkat yang telah dikembangkan pada forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran seminar ilmiah maupun sosialisasi melalui situs terkait untuk mendesiminasikan perangkat pembelajaran ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60509 |
Actions (login required)
View Item |