Pengembangan modul dengan pendekatan ilmiah pada materi struktur dan fungsi sel kelas XI Sekolah Menengah Atas untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa / Rizki Fitri Dhani Rakhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul dengan pendekatan ilmiah pada materi struktur dan fungsi sel kelas XI Sekolah Menengah Atas untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa / Rizki Fitri Dhani Rakhmawati

Rakhmawati, Rizki Fitri Dhani (2015) Pengembangan modul dengan pendekatan ilmiah pada materi struktur dan fungsi sel kelas XI Sekolah Menengah Atas untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa / Rizki Fitri Dhani Rakhmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rakhmawati Rizki Fitri Dhani. 2015. Pengembangan Modul dengan Pendekatan Ilmiah pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Kelas XI Sekolah Menengah Atas untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr Mohammad Amin M.Si (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata kunci modul pendekatan ilmiah struktur dan fungsi sel. Berdasarkan hasil angket guru dan siswa kelas XI SMA diketahui bahwa guru dan siswa membutuhkan modul yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan dapat memvisualisasikan konsep Struktur dan Fungsi Sel. Pada studi pendahuluan terhadap empat buku teks kelas XI SMA dengan penerbit swasta terdapat beberapa kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji efektivitas modul Struktur dan Fungsi Sel yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013 dengan pendekatan ilmiah untuk pembelajaran siswa SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan Research and Development (R D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define Design Develop dan Disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap Develop tahap Disseminate tidak dilaksanakan. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang sejumlah 40 orang dengan rincian 3 orang siswa untuk uji keterbacaan dan 37 siswa untuk uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tes (pre-test dan post-test) dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Masukan terhadap modul hasil pengembangan pada tahap uji coba tertentu digunakan untuk dasar perbaikan modul pada uji coba tahap berikutnya. Analisis data hasil angket validasi dan keterbacaan serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan perhitungan persentase. Desain uji coba efektivitas menggunakan metode desain Pre-test and Pos-test Group. Hasil pretes dan posttes dianalisis menggunakan uji Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Struktur dan Fungsi Sel dengan pendekatan ilmiah untuk siswa kelas XI SMA dari 1) aspek kelayakan isi berkategori sangat layak 2) aspek kelayakan modul sebagai bahan ajar berkategori layak dan 3) aspek kelayakan modul oleh guru biologi berkategori Sangat Layak . Respon siswa dalam uji keterbacaan termasuk dalam kategori Sangat Layak . Penerapan modul dalam pembelajaran secara umum dapat terlaksana.. Hasil uji Gain Score menunjukkan hasil 0 81 sehingga termasuk kategori Tinggi yang berarti bahwa modul Struktur dan Fungsi Sel efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60507

Actions (login required)

View Item View Item