Pengembangan perangkat pembelajaran keanekaragaman hayati berbasis lingkungan pantai dengan pendekatan ilmiah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Keperawatan SMK Al-Asy'ari Bangkalan / Suhartini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran keanekaragaman hayati berbasis lingkungan pantai dengan pendekatan ilmiah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Keperawatan SMK Al-Asy'ari Bangkalan / Suhartini

Suhartini (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran keanekaragaman hayati berbasis lingkungan pantai dengan pendekatan ilmiah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Keperawatan SMK Al-Asy'ari Bangkalan / Suhartini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suhartini. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Berbasis Lingkungan Pantai dengan Pendekatan Ilmiah untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Keperawatan SMK Al-Asy ari Bangkalan. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ibrohim M.Si (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata kunci Perangkat pembelajaran biologi pendekatan ilmiah berbasis lingkungan pantai hasil belajar. 12288 12288 12288 Biologi merupakan bagian dari sains yang memiliki dua dimensi yang bersifat mendasar yakni dimensi produk dan dimensi proses. Biologi sebagai dimensi produk merupakan sumber fakta sumber teori sumber prinsip dan sumber konsep. Biologi sebagai dimensi proses mengandung keterampilan nilai dan sikap yang harus dimiliki seseorang atau siswa untuk mendapatkan dan mengembangkan pengetahuan biologi. 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengembangkan perangkat pembelajaran SMK Keperawtan pada materi keanekaragaman hayati berupa silabus RPP keanekaragaman hayati handout LKS dan penilaian 2) Mengujicobakan perangakat pembelajaran berbasis lingkungan pantai handout keanekaragaman hayati berbasis lingkungan pantai LKS berbasis lingkungan pantai pada proses pembelajaran yang dibatasi keanekaragaman tingkat gen spesies dan ekosistem. 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel and Semmel (1974) terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembanngan (Develop) dan penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop dengan melakukan uji coba produk perangkat pembelajaran pada sekolah uji coba. 12288 12288 12288 Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh ahli desain pembelajaran dan praktisi pendidikan menunjukkan bahwa silabus RPP intrumen penilaian keanekaragaman hayati berbasis lingkungan pantai memiliki kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi. Hasil validasi handout oleh ahli desain pembelajaran ahli materi dan praktisi pendidikan menunjukkan bahwa handout memiliki kualifikasi sangat layak sehingga tidak perlu direvisi. Hasil validassi LKS oleh desain ahli pembelajaran ahli materi dan praktisi pendidikan menunjukkan bahwa LKS memiliki kualifikasi layak seingga tidak perlu direvisi. 12288 12288 12288 Quantitative developmental testing dilakukan pada kelas X SMK Keperawatan untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran keanekaragaman hayati yang telah dikembangkan dengan pendekatan ilmiah berbasis lingkungan pantai dengan menggunakan gain score dan mengetahui hasil belajar siswa setelah pengembangan perangkat pembelajaran keanekaragaman hayati berbasis lingkungan pantai. 12288 12288 12288 Nilai gain score pada materi keanekaragaman hayati sebesar 0 64 dengan kategori sedang. Hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati juga mengalami penigkatan sebesar 40 86 dari rentang nilai 100 keterampilan pengamatan mengalami peningkatan dengan rata-rata skor sebesar 79 80 dari rentang nilai 100 keterampilan komunikasi mengalami peningkatan dengan rata-rata skor sebesar 87 10 dari rentang nilai 100 keterampilan proyek mengalami peningkatan dengan rata-rata skor sebesar 84 34 dari rentang nilai 100 dan sikap ilmiah juga mengalami peningkatan dengan rata-rata skor sebesar 83 60 dari rentang nilai 100. Secara keseluruhan perangkat pembelajaran keanekaragaman hayati berbasis lingkungan pantai cukup efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 Pengembangan perangkat pembelajaran yang selanjutnya perlu memperhatikan beberapa saran yaitu a) penelitian pengembangan selanjutnya bisa sampai pada tahap dessiminate b) penelitian pengembangan selanjutnya dikembangkan pada materi yang lebih luas c) pengembangan perangkat ini dapat dikembangkan dengan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif d) pembagian kelompok sebaiknya terdiri dari siswa yang heterogen sehingga tidak ada kelompok yang terlalu menonjol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60505

Actions (login required)

View Item View Item