Krisnawati, Lely (2015) Pengembangan bahan ajar biologi kelas XI semester genap berbasis konstruktivistik berpendekatan saintifik untuk siswa SMA / Lely Krisnawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Krisnawati Lely 2015. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Kelas XI Semester Genap Berbasis Konstruktivistik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr.agr. Mohammad Amin S.Pd M.Si (2) Dr. Murni Saptasari M.Si. Kata Kunci Bahan ajar Biologi konstruktivistik saintifik Kurikulum 2013 mengamanatkan bahwa proses pembelajaran diupayakan berpendekatan saintifik berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama siswa untuk lebih kreatif aktif dan inovatif. Komponen yang paling menonjol dalam kurikulum 2013 adalah pendekatan dan strategi pembelajarannya. Pendekatan saintifik akan dapat memfasilitasi pengembangan pengetahuan sikap dan ketrampilan siswa. Pemahaman konsep sains membutuhkan proses untuk membangun pengetahuan siswa. Sikap ilmiah dan ketrampilan dikembangkan agar siswa mampu mempelajari merumuskan masalah dan menemukan jawaban atas suatu permasalahan. Selain itu semua juga dibutuhkan contoh kontekstual agar siswa dapat mengkonstruksi konsep pada pemikirannnya sendiri. Kondisi yang demikian dibutuhkan bahan ajar yang berbasis konstruktivistik. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku ajar yang dapat dijadikan acuan oleh siswa dalam kegiatan belajar di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk merancang dan mengembangkan bahan ajar biologi kelas XI semester genap berbasis konstruktivistik berpendekatan saintifik untuk siswa SMA dari aspek materi (isi) sajian (tampilan) dan kebahasaan(keterbacaan). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D (four D Model) yang disarankan oleh Thiagarajan dkk (1974) dengan prosedur penelitian meliputi Define Designe Develope dan Dessiminate. Validator ahli bahan ajar dan validator ahli materi terdiri dari tiga orang ( satu dosen ahli dan 2 guru SMA) dan validator keterbacaan terdiri dari 10 orang siswa Kelas XI IPA. Data yang diperoleh dalam penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitaif. Data kulitatif berupa komentar dan saran dari validator ahli dan siswa. Data kuantitatif berupa skor angket penilaian dari validator ahli dan siswa. Hasil pengembangan berupa buku ajar biologi hasil validasi materi dan validasi bahan ajar. Hasil penilaian validator materi bahan ajar mendapatkan relevansi 88 89% yang berarti sangat valid keakuratan konsep 93 52% yang berarti sangat valid kelengkapan sajian 85 42% sistematika sajian 83 33% yang berarti valid kesesuaian bahasa 83 33% yang berarti valid serta keterbacaan dan kekomunikatifan 91 67% yang berarti sangat valid. Penilaian validator ahli pembelajaran terdiri atas kesesuaian dengan prinsip pengembangan bahan ajar 83 33% yang berarti valid format buku teks 84 85% yang berarti valid kelayakan isi 100% yang berarti sangat valid kebahasaan 93 75% yang berarti sangat valid penyajian 80% yang berarti valid kegrafisan 83 33% yang berarti valid dan manfaat 83 33% yang berarti valid kebahasaan 92 50% yang berarti sangat valid penyajian 86% berarti sangat valid tampilan 96% berarti sangat valid dan manfaat 90 00% yang berarti sangat valid artinya siswa tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan bahan ajar tersebut sehingga bahan ajar tersebut bisa digunakan dalam pembelajaran biologi.Hasil validasi yang demikian juga ditunjang dengan teori yang dikemukakan dalam membuat bahan ajar tersebut yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang dibuat sudah memenuhi kriteria validasi sebaiknya dapat dideseminasikan sehingga dapat lebih bermanfaat untuk pembelajaran di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60504 |
Actions (login required)
View Item |