Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Trenggalek / Ririn Yuniatiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Trenggalek / Ririn Yuniatiningsih

Yuniatiningsih, Ririn (2015) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Trenggalek / Ririn Yuniatiningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuniatiningsih Ririn. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Trenggalek. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. agr. Moh. Amin S.Pd M.Si. (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. Keywords Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi. 12288 12288 12288 12288 Kurikulum 2006 (KTSP) dikembangkan menjadi Kurikulum 2013 dengan dilandasi pemikiran tantangan masa depan yaitu tantangan abad ke 21 yang ditandai dengan abad ilmu pengetahuan knowledge-based society dan kompetensi masa depan. Usaha memenuhi tantangan tersebut maka pemerintah mengembangkan empat Standar Nasional Pendidikan dari delapan Standar Nasional Pendidikan. Untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 di kabupaten Trenggalek diperlukan analisis dalam implementasi kurikulum 2013 sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di SMAN 1 dan SMAN 2 sebagai sekolah percontohan implementasi kurikulum 2013 di Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini terfokus pada standar proses dan standar penilaian sebagai bentuk dari implementasi kurikulum 2013 pada kegiatan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif. Penelitian ini dirancang untuk menganalisis implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran biologi di SMAN 1 dan SMAN 2 Trenggalek. Sasaran penelitian adalah guru Biologi kelas X kepala sekolah atau wakil kepala sekolah pengawas dan peserta didik kelas X di SMAN 1 dan SMAN 2 Trenggalek. Data penelitian diambil pada saat sebelum selama dan sesudah kegiatan pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi wawancara observasi dan angket. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Implementasi kurikulum 2013 di SMAN 1 dan SMAN 2 Trenggalek sebagai sekolah percontohan jika ditinjau dari standar proses dalam hal a) Perencanaan pembelajaran yang meliputi penyusunan RPP dan Silabus karakteristik pembelajaran perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan proses pembelajaran secara umum sudah berjalan dengan baik walaupun belum sepenuhnya sesuai dengan standar proses karena masih ada sejumlah kasus yang perlu menjadi perhatian. b) Proses pembelajaran sebagai implementasi kurikulum 2013 di SMAN 1 dan SMAN 2 yang meliputi tujuan proses pembelajaran persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran pengelolaan kelas pelaksanaan pembelajaran sebagai implementasi dari RPP secara umum sudah berjalan dengan baik penilaian hasil dan proses pembelajaran berjalan cukup baik akan tetapi belum sepenuhnya sesuai dengan standar proses di mana masih ditemukan sejumlah kendala. c) Pengawasan proses pembelajaran berjalan cukup baik akan tetapi belum sepenuhnya sesuai dengan standar proses ada beberapa hal yang masih perlu segera disikapi. 12288 12288 12288 12288 12288 Implementasi kurikulum 2013 mengacu pada standar penilaian dalam hal a) Ruang lingkup penilaian belum sepenuhnya sesuai dengan standar penilaian di mana di SMAN 1 berjalan cukup baik sedangkan di SMAN 2 berjalan baik akan tetapi masih ditemukan beberapa kelemahan dalam implementasinya di lapangan. b) Teknik dan instrumen penilaian belum sepenuhnya sesuai dengan standar penilaian di mana di SMAN 1 berjalan cukup baik sedangkan di SMAN 2 sudah berjalan baik walaupun masih ditemui beberapa kelemahan. c) Penilaian hasil belajar belum sepenuhnya sesuai dengan standar penilaian di mana di SMAN 1 sudah berjalan baik sedangkan di SMAN 2 berjalan cukup baik. d) Pelaksanaan dan pelaporan penilaian sudah sesuai dengan standar penilaian di mana sudah dilaksanakan pendidik kepada kepala sekolah dalam bentuk angka dan deskripsi kemudian sekolah sudah melaksanakan pelaporan penilaian kepada wali/orang tua peserta didik dan dinas pendidikan kabupaten.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60502

Actions (login required)

View Item View Item