Elsalina, Febby Eka (2015) Problematika guru kelas IV dalam merealisasikan penerapan "scientific approach" berdasarkan kurikulum 2013 di SDN segugus 1 Kedungkandang Malang / Febby Eka Elsalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Elsalina FebbyEka. 2015. Problematika Guru Kelas IV dalamMerealisasikanPenerapan Scientific approach di SDN Segugus 1 Kedungkandang Malang.Skripsi Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri EstuWinahyu M.Pd (2) Drs. HeruAgus Tri W M.Pd Kata Kunci problematika scientific approach Scientific approachmerupakanpendekatan yang dilandasipendekatanilmiahdalampembelajaran yang diorientasikangunamembinakemampuan siswa memecahkan masalah melalui serangkaian aktivitas yang terdiridariketerampilan-keterampilanbelajarsiswameliputimengamati menanya mencoba menalar menyimpulkandanmengkomunikasikandalam upaya meningkatkan pemahaman siswa.Berdasarkanhasilwawancaraawaldanobservasi guru kesulitanmenerapkanketerampilan-keterampilanbelajarsiswa.Misalnyaguru masihbelummengembangkanketerampilanmenalarsiswa.Berkaitandenganhalitu makaperludilakukanpenelitianlebihlanjutuntukmengungkapproblematika yang dijumpai guru dalampenerapanscientific approach.. Penelitianinidilakukandengantujuanmengungkapdanmendeskripsikanproblematikaperencanaanpembelajaran pelaksanaaanpembelajarandanpenilaianpembelajaran yang mengacupadascientific approach. Penelitianinimerupakanpenelitian yang menggunakanpendekatankualitatif.Pengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniyaituwawancara observasi dandokumentasi. Hasilpenelitianmenyatakanproblematika yang dijumpaibeberapa guru dalam2 guru kesulitanmerencanakanpembelajarandalamhalmenjabarkanindikator 3 guru kesulitandalammenjabarkantujuanpembelajarandan5 guru kesulitanmengembangkanmateri.Dalampelaksanaanpembelajaranyaitu6 guru kurangmampumengembangkanketerampilanmengamatipadasiswa 6 guru kesulitanmemberiarahanpadasiswa agar siswadapatmenalar 4 guru kesulitandalammemilihbahasa yang yangmudahdipahamisiswa. Dalampenilaianpembelajaranyaitu 6 guru kesulitanmelakukanpenilaianafektifsiswaberdasarkanrubrik yang ditetapkan 6 guru kesulitanmengolahnilai yang mencakupkognitif afektifdanpsikomotor. Saran-saran yang diajukan berdasarkan kajian produk ini meliputi (1) agar DiknasPendidikanmemberikanpembinaanbagi guru tentangpembuatan RPP yang berkualitasdanmengacupadaKurikulum 2013 (2) agar guru berusahamencarialternatif-alternatif media dansumberbelajar yang dapatmendukungketerampilan-keterampilanbelajarsiswadenganscientific approach(3) agar KepalaSekolahsenantiasamemberikanpembinaanbagi guru tentangtatacaradanpengolahanpenilaiansecaratepatsesuaidengantuntutanKurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6050 |
Actions (login required)
View Item |