Penerapan model pembelajaran biologi berbasis Reading-Concept Pap - Teams Games Tournaments untuk meningkatkan minat baca, kemampuan berpikir kritis, metakognitif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM / Ardian Anjar Pangestuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran biologi berbasis Reading-Concept Pap - Teams Games Tournaments untuk meningkatkan minat baca, kemampuan berpikir kritis, metakognitif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM / Ardian Anjar Pangestuti

Pangestuti, Ardian Anjar (2014) Penerapan model pembelajaran biologi berbasis Reading-Concept Pap - Teams Games Tournaments untuk meningkatkan minat baca, kemampuan berpikir kritis, metakognitif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM / Ardian Anjar Pangestuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pangestuti Ardian Anjar. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Biologi berbasis Reading-Concept Map-Teams Games Tournaments untuk Meningkatkan Minat Baca Kemampuan Berpikir Kritis Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph. D. (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Teams Games Tournaments Minat Baca Kemampuan Berpikir Kritis Metakognitif Hasil Belajar Kognitif 12288 12288 12288 Membaca merupakan sebuah aktivitas sederhana yang dapat membuat seseorang mendapatkan berbagai macam informasi. Hasil studi internasional PISA (Programme for International Student Assesment) pada tahun 2006 serta hasil studi internasional PIRLS (Progress in International Reading Literacy Study) pada tahun 2011 menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca siswa Indonesia masih rendah. Rendahnya kemampuan literasi membaca dikhawatirkan berdampak pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. 12288 12288 12288 Hasil observasi di kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM menunjukkan bahwa minat baca dan hasil belajar kognitif siswa masih rendah. Rendahnya minat baca siswa dikhawatirkan berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian perlu ditingkatkan minat baca kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif siswa di kelas tersebut. Selain kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif siswa metakognitif siswa juga perlu ditingkatkan. Hal ini dilakukan agar kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dapat optimal serta memberikan hasil yang memuaskan. Agar dapat mengatasi masalah yang muncul di kelas tersebut maka diterapkan model pembelajaran yang mengkombinasikan kegiatan membaca (Reading) menyusun peta konsep (Concept Map) dan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments. Model pembelajaran tersebut adalah Reading-Concept Map-Teams Games Tournaments. 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak 11 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 12 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Biologi berbasis Reading-Concept Map-Teams Games Tournaments dapat meningkatkan minat baca dan kesadaran metakognitif. Akan tetapi minat membaca tersebut hanya terbatas pada bacaan yang bersifat hiburan. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM juga meningkat. Pada siklus I rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah 46 22 sedangkan pada siklus II adalah 72 71. Skor peningkatan (gain) sebesar 57 31%. Pada penelitian ini hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil belajar kognitif siswa adalah 49 74 sedangkan pada siklus II adalah 69 69. Skor peningkatan (gain) sebesar 40 11%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60492

Actions (login required)

View Item View Item