Airlanda, Gamaliel Septian (2014) Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis home science process skill dipadukan dengan blended learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA SMA Kristen Petra Malang / Gamaliel Septian Airlanda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Gamaliel S.A. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Home Science Process Skill (HSPS) Dipadukan dengan Blended Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Kristen Petra Malang. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Dr. Drs. Hadi Suwono M.Si. Kata kunci modul pembelajaran biologi home science process skill dipadukan blended learning keterampilan proses sains Era globalisasi yang berkembang sangat pesat memerlukan dasar yang kuat untuk membangun karakter siswa. Pendidikan diharapkan mampu mengendalikan pola perkembangan era global. Hasil observasi yang dilakukan selama bulan Agustus-September 2013 di SMA Kristen Petra Malang menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar belum berjalan sesuai harapan. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Mengembangkan modul pembelajaran berbasis Home Science Process Skill (HSPS) untuk siswa kelas XI IPA SMA Kristen Petra Malang. 2) Mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA SMA Kristen Petra Malang melalui modul pembelajaran biologi berbasis Home Science Process Skill (HSPS) dipadukan dengan Blended Learning. Modul berbasis Home Science Process Skill (HSPS) adalah pengorganisasian materi pembelajaran yang mengembangkan keterampilan proses sains berbasis kehidupan sehari-hari (daily life) dan dapat dilakukan oleh siswa di rumah dengan bimbingan guru. Modul ini memberikan warna baru yang dapat dengan mudah dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru. Siswa dapat melaksanakan kegiatannya secara nyata dan mengembangkannya secara maksimal sesuai kreativitas masing-masing. Pengembangan modul dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Dick dan Carey (2009). Data penelitian diperoleh dari triangulasi data berupa lembar observasi angket dan wawancara. Di samping itu digunakan data pendukung seperti lembar observasi easy campus express tes kognitif tes lisan lembar penilaian kerja proyek dan lembar peran orang tua. Implementasi dilakukan untuk mendapatkan data secara formatif dan dilakukan revisi pada tahap akhir. Penelitian ini terbukti dapat menyentuh ketiga ranah kognitif psikomotor dan afektif. Modul pembelajaran telah mendapatkan respon positif dari ahli dan juga siswa dengan kriteria valid tanpa revisi. Keterampilan proses sains berhasil meningkat dari 71 31% menjadi 78 77%. Keunggulan pembelajaran ini adalah adanya peran teknologi informasi peran orang tua sumber belajar variatif kontekstual berbasis proyek siswa mengembangkan produk nyata. Saran pengembangan selanjutnya dapat dilakukan pada materi lain penyesuaian alokasi waktu dan acuan penelitian ranah kognitif dan afektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60490 |
Actions (login required)
View Item |