Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV di SDN Sumberrejo 1 Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro / Fajar Mega Ayu Septiyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV di SDN Sumberrejo 1 Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro / Fajar Mega Ayu Septiyana

Septiyana, Fajar Mega Ayu (2015) Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV di SDN Sumberrejo 1 Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro / Fajar Mega Ayu Septiyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septiyana F. M. A.2015. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV di SDN Sumberrejo 1 Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dra. SriSugiharti M.Pd (II)Muh.Arafik S.Pd. M.Pd. Kata kunci kurikulum 2013 pembelajaran tematik terpadu. Latar belakang penelitian ini yaitu mengenai Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik terpadu pada kelas IV SDN Sumberrejo 1 yang masih memerlukan adaptasi.Pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu masih belum sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang dibuat. Begitu juga dengan penilaianpembelajaran tematik terpadu. Penilaian menuntut guru harus melakukan penilaian lebih banyak. Guru masih belum melakukan penilaian sesuai ketentuan pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik terpadu oleh guru pada implementasi Kurikulum 2013 di Kelas IVSDN Sumberrejo 1Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Dari hasil penelitian pada perencanaan pembelajaran tematik terpadu oleh guru ditemukan beberapa fakta antara lain (1)format RPP sesuai dengan komponen RPP Kurikulum 2013 (2)guru cenderung mengikuti buku guru dan buku siswa pada penyusunan tujuan pembelajaran materi kegiatan pembelajaran metode pembelajaran media dan sumber belajar (3)alokasi waktu tidak dirinci pada setiap langkah pembelajaran.Pada pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu oleh guru ditemukan beberapa fakta yaitu (1)guru menggunakan apersepsi yang dapat memotivasi siswa (2)guru cenderung menyamakan materi pada buku guru dan buku siswa (3)guru menanamkan sikap positif melalui pembiasaan sehari-hari (4)sumber belajar hanya terbatas buku guru dan buku siswa (5)metode pembelajaran kurang bervariasi (6)guru kurang memanfaatkan lingkungan sekitar dalam pembelajaran (7)penggunaan alokasi waktu tidak sesuai dengan perencanaan pembelajaran.Pada penilaian pembelajaran tematik terpadu oleh guruditemukan beberapa fakta yaitu (1)penilaian tidak dilakukan pada setiap pertemuan (2)penilaian kompetensi sikap dilakukan dengan observasi (3)penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan dengan penugasan (4)penilaian kompetensi keterampilan dilakukan dengan unjuk kerja/praktik. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka disarankanbagi (1)kepala sekolah untuk mengadakan pelatihan bagi guru mengenai pembelajaran tematik terpadu (2)guru untuk mengembangkan RPP sesuai daerah masing-masing dan melaksanakan pembelajaran tematik sesuai dengan RPP yang dibuat. Pada penilaian pembelajaran tematik terpadu hendaknya guru menyesuaikan dengan ketentuan dalam pembelajaran tematik terpadu.(3)peneliti lain disarankan melakukan penelitian pada kesesuaian buku guru dan buku siswa dalam pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6049

Actions (login required)

View Item View Item