Pengembangan modul plantae berbasis multimedia dengan learning cycle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA / Yulia Eka Yanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul plantae berbasis multimedia dengan learning cycle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA / Yulia Eka Yanti

Yanti, Yulia Eka (2014) Pengembangan modul plantae berbasis multimedia dengan learning cycle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA / Yulia Eka Yanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yanti Yulia Eka. 2014. Pengembangan Modul Plantae Berbasis Multimedia dengan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Murni Saptasari M.Si. (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata kunci Modul Plantae multimedia learning cycle motivasi belajar hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi dan hasil observasi yang dilakukan pada bulan November-Desember 2013 pada tiga SMA di Malang bahan ajar yang digunakan oleh guru bervariasi tetapi bahan ajar modul berbasis multimedia belum pernah digunakan. Usaha guru dalam meningkatkan hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor siswa sudah diupayakan yaitu guru menerapkan berbagai model pembelajaran dalam kegiatan belajar di kelas. Motivasi belajar siswa juga masih kurang. Selain itu tuntutan kurikulum 2013 menyatakan bahwa pendidikan harus terus menerus melakukan adaptasi dan penyesuaian perkembangan IPTEKS sehingga tetap relevan dan kontekstual dengan perubahan. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dikembangkan bahan ajar berupa modul berbasis multimedia. Pengembangan modul berbasis multimedia diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar modul Plantae berbasis multimedia dengan model learning cycle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA. Prinsip pengembangan bahan ajar mengacu pada Panduan Penyusunan Bahan Ajar dalam kurikulum 2013. Prosedur pengembangan mengadaptasi model pengembangan 4D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap (1) pendefinisian (define) (2) perancangan (design) serta (3) pengembangan (develop) dan tahap disseminasi (tidak dilakukan). Hasil analisis data skor penilaian modul oleh ahli materi menunjukkan skor persentase sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Persentase penilaian modul oleh ahli pengembangan bahan ajar sebesar 79% ahli desain pembelajaran sebesar 71% praktisi lapangan (guru Biologi) sebesar 80% dengan kategori baik. Uji coba perorangan menunjukkan bahwa modul berbasis multimedia memperoleh persentase penilaian sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Keseluruhan hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar modul dikategorikan layak sehingga dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Uji kelompok kecil dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas pada salah satu kelas yaitu kelas X MIA 4 SMA Negeri 8 Malangdan dilaksanakan pada Kompetensi Dasar 2.1 3.7 dan 4.7. Penerapan bahan ajar modul Plantae berbasis multimedia dengan model learning cycle menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat sebesar 2 9 % untuk kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar kognitif meningkat sebesar 2% hasil belajar afektif meningkat sebesar 2% dan hasil belajar psikomotor meningkat sebesar 1%. Ketuntasan belajar juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu untuk hasil belajar kognitif sebesar 11.76% hasil belajar afektif sebesar 8.82% dan hasil belajar psikomotor sebesar 5.89%. Peningkatan yang terjadi antara siklus I dan siklus II tidak terlalu besar karena penerapan yang dilakukan sebanyak 2 siklus saja karena keterbatasan waktu. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan beberapa saran pemanfaatan yang disampaikan yaitu produk bahan ajar modul berbasis multimedia ini akan lebih baik manfaatnya jika siswa telah memahami terlebih dahulu tentang pembelajaran dengan modul. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu dikembangkan modul berbasis multimedia untuk kompetensi dasar yang lain agar terjadi kesinambungan pembelajaran dengan modul. Saran diseminasi bahan ajar yaitu mengadakan seminar skala regional tentang pengembangan bahan ajar modul berbasis multimedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60487

Actions (login required)

View Item View Item