Arti, Ervin Siwi (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing materi IPA kelas VIII sebagai upaya peningkatan keterampilan ilmiah dan penguasaan konsep peserta didik SMPN 2 Bondowoso / Ervin Siwi Arti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Arti Ervin Siwi. 2014.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi IPA Kelas VIII Sebagai Upaya Peningkakan Keterampilan Ilmiah dan Penguasaan Konsep Peserta Didik SMPN 2 Bondowoso. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ibrohim M.Si.(II) Dr. Fatchur Rohman M. Si. Kata Kunci Pembelajaran inkuiri perangkat pembelajaran keterampilan ilmiah Pembelajaran biologi dan kimia bagian dari Pendidikan IPA memiliki empat tujuan yaitu mengajarkan fakta-fakta Biologi mengembangkan kemampuan mengajarkan keterampilan dan mendorong sikap yang nyata. Akan tetapi kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa tidak semua peserta didik melakukan kegiatan belajar. Penyebab yang dikemukakan guru IPA adalah peserta didik yang tidak antusias dalam pembelajaran cepat merasa bosan jika menggunakan metode konvensional sehingga diperlukan suatu perencanaan yang mengajak peserta didik melakukan kegiatan belajar sendiri namun bermakna Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing materi IPA kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdiri dari silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) handout Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) instrumen penilaian melalui model pengembangan 4-D Thiagarajan. Penelitian uji coba produk pengembangan perangkat pembelajaran berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh skor penilaian terhadap lembar validasi perangkat pembelajaran maupun angket respon peserta didik Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari ahli dan komentar dari peserta didik pada uji perseorangan dan uji kelompok kecil. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini mengadopsi model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk yang disesuaikan dengan kondisi penelitian pengembangan yang dilakukan. Penjabaran tahapan-tahapan pengembangan model 4-D terdiri dari define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Penelitian ini dilakukan pada tahap pendefinisian perancangan dan pengembangan saja karena produk yang dikembangkan terbatas pada sekolah peneliti. Hasil penelitian dan pengembangan silabus RPP LKPD handout dan instrumen penilaian menunjukkan kriteria sangat layak. Rerata yang diperoleh yaitu silabus 3 5 RPP 3 4 LKPD 3 5 handout 3 4 penilaian 3 4 dan keterampilan ilmiah 3 5. Uji coba produk pada uji perseorangan yaitu keterbacaan LKPD dan handout oleh peserta didik yang sudah menerima materi IPA menunjukkan kriteria sangat layak yaitu sebesar 3 5. Sedangkan pada uji coba kelompok kecil yaitu terdiri dari keterlaksanaan keterampilan ilmiah aspek penyelidikan sikap dan komunikasi ilmiah menunjukkan kriteria sangat baik dengan tingkat keberhasilan 81% keterlaksanaan pembelajaran inkuiri menunjukkan kriteria sangat baik dengan tingkat keberhasilan sebesar 94% sedangkan penguasaan konsep tingkat keberhasilan tuntas 100%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60480 |
Actions (login required)
View Item |