Penerapan media edukatif "permainan monopoli cerdas" pada pembelajaran IPS di kelas III B SDN Karangtengah 01 Kota Blitar / Moh. Ali Yafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media edukatif "permainan monopoli cerdas" pada pembelajaran IPS di kelas III B SDN Karangtengah 01 Kota Blitar / Moh. Ali Yafi

Yafi, Moh. Ali (2015) Penerapan media edukatif "permainan monopoli cerdas" pada pembelajaran IPS di kelas III B SDN Karangtengah 01 Kota Blitar / Moh. Ali Yafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yafi Moh.Ali. 2015. Penerapan Media Edukatif Permainan Monopoli Cerdas pada Pembelajaran IPS di Kelas III B SDN Karangtengah 01 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP) Prodi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Murti M. Pd (II) Suwarti S. Pd M.Pd. Kata kunci penerapan media edukatif permainan monopoli cerdas pembelajaran IPS Berdasarkan observasi di SDN Karangtengah 1 Kota Blitar ditemukan beberapa masalah antara lain dalam mengajar guru belum menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran siswa masih bersikap individual komunikasi yang ada hanya satu arah yaitu antara guru dengan siswa. Penerapan Media Edukatif Permainan Monopoli Cerdas merupakan pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa secara langsung. Media tersebut dapat diterapkan untuk menciptakan kondisi belajar yang aktif berfikir kritis dan menyenangkan. Berkaitan dengan hal tersebut maka dilakukan penelitian mengenai Penerapan Media Edukatif Permainan Monopoli Cerdas pada pembelajaran IPS di kelas III B SDN Karangtengah 01 Kota Blitar yang difokuskan pada (1) RPP penerapan media edukatif permainan monopoli cerdas (2) penerapan media edukatif permainan monopoli cerdas dan (3) aktivitas siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas III B. Penelitian ini memposisikan peneliti sebagai observer as participant sekaligus pengumpul data dengan cara teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi. Instrument pengumpul data berupa lembar observasi yaitu APKG 1 desain pembelajaran/ RPP APKG 2 kemampuan mengajar guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data menggunakan reduksi data penyajian data persentase dan penarikan kesimpulan. Sehingga memperoleh suatu temuan kemudian dilakukan pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi teknik meningkatkan ketekunan dan kecukupan bahan referensial. Anailis data dilakukan dengan tes identifikasi skala guttman dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 3 RPP yang disusun oleh guru sudah baik dengan persentase rata- rata sebesar 91% dengan kriteria sangat baik (2) Kemampuan guru menerapan media edukatif permainan monopoli cerdas yang dilaksanakan sebanyak 3 kali menunjukkan persentase rata-rata sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik.(3) aktivitas siswa pada pembelajaran dengan menerapkan media edukatif permainan monopoli cerdas pada pembelajaran 1 sampai pembelajaran 3 memperoleh nilai rata-rata 82% dengan kualifikasi baik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan sebanyak 3 kali guru sudah menerapkan media edukatif monopoli cerdas dengan baik dan hampir semua aktivitas siswa muncul dengan baik. Disarankan bagi guru Sekolah dasar hendaknya menerapkan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar agar pembelajaran lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6048

Actions (login required)

View Item View Item