Hasan, Amirul (2014) Implementasi model pembelajaran reading concept map student teams achievement divisions untuk meningkatkan minat baca, kemampuan berpikir kritis, kesadaran metakognitif, dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X IPA SMA Insan Cendekia Shalahudin Malang / Amirul Ha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasan Amirul. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Reading Concept Map Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Minat Baca Kemampuan Berpikir Kritis Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X IPA SMA Insan Cendekia Shalahudin Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Keywords Reading Concept Map Student Teams Achievement Divisions minat baca keterampilan berpikir kritis kesadaran metakognitif hasil belajar biologi MinatmembacapesertadidikdiIndonesiasangat rendah. Membaca dapat meningkatkan pemahaman konsep karena salah satutujuan membaca adalah untuk membangunpengetahuan.Upayauntukmembantupeserta didik untuk membangun pengetahuan dan pemahamankonsepsetelahmembacadilakukanmelalui membuat petakonsep.Petakonsepbisamengakomodasi peserta didik untuk menggabungkan pengetahuansebelumnyayangtelahdimilikidengan informasi baru. Pengetahuan pesertadidikdiperdalamdenganberdiskusimelaluibelajarkooperatifStudentTeams Achievement Divisionssehingga bisa meningkatkan minat membaca keterampilan berpikir kritis kesadaran metakognitif dan hasil belajar biologi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian iniialahpendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Metodepengumpulandatautama dilakukan dengansurveilangsungdikelas. Subjekdalampenelitianiniadalahpeserta didik kelasXIPASMAInsanCendekia Shalahudin Malang. Minat baca dan kesadaran metakognisidinilaimenggunakan angket minat baca dan MAI aspek keterampilan berpikirkritisdinilaimenggunakanrubrikpenilaianketerampilanberpikirkritis hasil belajar biologi dinilai menggunakan rubrik penilaian tes peta konsep dinilai denganmenggunakanrubrikpenilaianpetakonsep. Catatanlapangandigunakan merekam selama kegiatan proses pembelajaran. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif terhadap semua data yang diperoleh. Berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh skor persentase sebesar 67 4% dan pada siklus II dengan rerata sebesar 70 4%. Hasil penelitian untuk minat baca peserta didik pada prapenelitian dengan rincian 100% peserta didik membaca 77% membaca buku pelajaran sebesar 88% menganggap penting membaca buku biologi 56% peserta didik baca buku biologi selama 15-30 menit 67% peserta didik membaca dengan alasan tidak memahami beberapa konsep materi ajar. Pada siklus Idiperolehpersentase100% peserta didik membaca sebesar 55% membaca buku ajar 86% menganggap penting membaca bukupelajaranbiologi 11%membacabuku biologi selama 15-30 dan 89% peserta membaca dengan alasan tidak memahami beberapa konsep materi pelajaran. Pada siklus II diperoleh 100% peserta didik membaca 80% membaca buku pelajaran 91% menganggap penting membaca buku biologi 56% peserta didik membaca buku biologi selama 15-30 menit 78% pesertadidikmembaca dengan alasan tidak memahami beberapa konsep materi.Hasil penelitian untuk kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I diperoleh skor rerata sebesar 53 5 pada siklus II diperoleh rerata 63 9 dengan skor peningkatan (gain) 19 4% bisadikatakan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis. Data kesadaran metakognitif pada prapenelitian diperoleh skor rerata MAI sebesar 192 5 dengan kriteria 5 predikat Super. Skor perolehan angket MAI pada siklus I menurun menjadi 184 3 kriteria 5 predikat Super. Pada siklus II perolehan skor sebesar 174 2 kriteria 5 predikat Super. Hasil penelitian untuk hasil belajar pada tes akhir siklus I dihasilkan rerata skor sebesar 44 6 dengan ketuntasan 0%. Siklus II diperoleh skor sebesar 56 7 dengan persentase ketuntasan sebesar 44% hasil perhitungan skor persentase kenaikan (gain) 27 1%. Simpulan dari hasil penelitian adalah bahwa implementasi model pembelajaran melalui tahap Readingyang membiasakan peserta didik membaca membuat Concept Map yang menuntut peserta didik mengorganisasikan konsep secara sistematis dan hierarkis serta pelaksanaan STAD yang mensyaratkan peserta didik membaca dan memahami presentasi dapat meningkatkanminat membaca kemampuan berpikir kritis hasil belajar biologi peserta didik kelas X IPA SMA Insan Cendekia Shalahudin Malang namun belum dapat meningkatkan kesadaran metakognitifnya. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah Bagi guru dapat menerapkan model Reading Concept Map STAD pada proses belajar mengajar di masa mendatang untuk memperbaiki kualitas minat membaca kemampuan berpikir kritis kesadaran metakognitif dan hasil belajar.Bagi peserta didik diupayakan dalam mengisi angket minat baca dan MAI lebih objektif bukan berdasarkan harapan tetapi kenyataan yang ada.Bagi mahasiswa diupayakan untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik agar pelaksanaan penelitian bisa lebih lancar dan terarah.Bagi dosen dapat menyempurnakan angket minat membaca agar bisa lebih mudah dan operasional dalam melakukan penilaian.Bagi peneliti yang akan datang sebaiknyamelengkapidenganrubrik penilaian keterampilan metakognitif untuk menilai metakognitif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60479 |
Actions (login required)
View Item |