Metode blended learning berbantuan media video interaktif untuk identifikasi motivasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Madura (UIM) pada mata kuliah ekologi hewan / Mohammad Imam Sufiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode blended learning berbantuan media video interaktif untuk identifikasi motivasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Madura (UIM) pada mata kuliah ekologi hewan / Mohammad Imam Sufiyanto

Sufiyanto, Mohammad Imam (2014) Metode blended learning berbantuan media video interaktif untuk identifikasi motivasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Madura (UIM) pada mata kuliah ekologi hewan / Mohammad Imam Sufiyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sufiyanto Mohammad Imam. 2014. Metode Blended Learning Berbantuan Media Video Interaktif Untuk Identifikasi Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Ekologi Hewan di Universitas Islam Madura (UIM) . Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Istamar Syamsuri M.Pd. (2) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata kunci blended learning Video Interaktif motivasi hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada tanggal 14 Juni sampai dengan tanggal 19 Juli tahun 2013 di Universitas Islam Madura (UIM) metode pembelajaran yang diterapkan oleh dosen pengampu mata kuliah adalah metode ceramah dan diskusi. Untuk penggunaan media pembelajaran masih jarang dipakai referensi buku yang minim dan waktu yang sedikit membuat dosen kesulitan dalam menyampaikan materi akibatnya mahasiswa kurang memahami apa yang disampaikan oleh dosen pengampu mata kuliah ekologi hewan. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan metode blended learning dan mengembangkan produk berupa media pembelajaran video interaktif di Universitas Islam Madura (UIM). Prosedur pengembangan mengadaptasi model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan akan tetapi dalam penelitian ini dibatasi hanya pada tahap kelima yaitu uji coba utama (main field testing) dan revisi produk. Dalam penelitian ini adalah motivasi belajar yang didapatkan dari angket motivasi sedangkan hasil belajar kognitif didapatkan dari hasil pra tes dan pasca tes. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data skor penilaian media pembelajaran oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan skor persentase penilaian di atas 85% untuk video interaktif dan materi yang disusun. Uji keterbacaan kelompok kecil menunjukkan bahwa media pembelajaran memperoleh persentase penilaian sebesar 82 39% sehingga media berkategori baik. Ujicoba utama menunjukkan hasil gain score berkisar antara 0 5 0 6 yang berarti media pembelajaran memiliki tingkat keefektifan sedang sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hasil pra tes dan pasca tes menunjukkan bahwa rata-rata capaian hasil belajar berdasarkan tes mampu dikerjakan dengan baik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan beberapa saran pemanfaatan yang disampaikan antara lain (1) penggunaan media pembelajaran hendaknya memperhatikan situasi atau keadaan (2) pelaksanaan pembelajaran dengan media yang dikembangkan hendaknya menyesuaikan dengan materi yang dipelajari karakteristik mahasiswa serta ketersediaan sarana pendukung Saran pengembangan lebih lanjut yang dapat disampaikan antara lain (1) diperlukan analisis kebutuhan yang lebih mendalam (2) pengembangan media pembelajaran perlu mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran yang lain. Saran diseminasi media pembelajaran yang dapat diberikan antara lain (1) pengembangan dapat dilaksanakan sampai pada tahap uji coba operasional (operational field testing) serta diseminasi dan implementasi (2) perlu dilaksanakan sosialisasi terutama pada skala kecil maupun skala regional pada lingkungan kampus pada materi perkuliahan yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60478

Actions (login required)

View Item View Item