Murdiyah, Siti (2014) Pengembangan bahan ajar mata kuliah fisiologi tumbuhan berbasis pendekatan konsep dan pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jember / Siti Murdiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Murdiyah Siti. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Berbasis Pendekatan Konsep dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jember. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. agr. H. Mohamad Amin S.Pd M.Si (2) Prof. Dra. Herawati Susilo MSc Ph.D. Kata Kunci pengembangan bahan ajar pendekatan konsep hasil belajar kognitif. 12288 12288 12288 12288 Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) memiliki tanggung jawab untuk membina dan mengembangkan kompetensi profesional yang harus dikuasai oleh calon guru berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pembinaan kompetensi ini diimplementasikan pada aktivitas perkuliahan salah satunya adalah dalam mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Kualitas pembinaan kompetensi akan meningkat jika kualitas pelayanan pada mahasiswa juga meningkat. Salah satu upaya peningkatan kualitas adalah dengan mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam pembelajaran Fisiologi Tumbuhan yang terdeteksi dari data nilai dan angket hasil penelusuran perkuliahan adalah hasil belajar yang masih rendah terutama pada materi Fotosintesis dan Respirasi. Hasil belajar yang belum memuaskan tersebut disebabkan karena keterbatasan sumber belajar yang sistematis praktis dan efektif. Permasalahan ini harus segera diatasi mengingat peran penting sumber belajar dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Oleh karena itu aktivitas pengembangan bahan ajar mata kuliah Fisiologi Tumbuhan mutlak diperlukan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis pendekatan konsep yang praktis dan sistematis serta mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar hasil pengembangan tersebut dalam meningkatkan hasil belajar kognitif. Pengembangan menggunakan model sistematis Dick dan Carey dengan prosedur pengembangan meliputi (1) mengidentifikasi tujuan umum (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi entry behavior dan karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan tes acuan patokan (6) menentukan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan menulis materi bahan ajar (8) melaksanakan evaluasi formatif dan (9) revisi produk. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data penilaian bahan ajar oleh ahli materi menunjukkan persentase penilaian sebesar 81.70%. Persentase penilaian ahli media sebesar 86.20% dan penilaian ahli bahasa sebesar 86.34%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa seluruh aspek penilaian dalam bahan ajar berkategori baik dan sangat baik. Rata-rata persentase penilaian uji keterbacaan oleh kelompok kecil sebesar 86.4% atau berkategori sangat baik. Hasil uji coba terbatas tersebut menunjukkan bahwa seluruh perangkat pembelajaran dapat dikategorikan layak sehingga dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Uji coba klasikal (field testing) dilakukan dengan responden satu kelas yang terdiri dari 31 orang. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar menunjukkan peningkatan rata-rata skor pretes dan skor postes sebesar 36.839. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretes dan skor postes dengan rata-rata postes yang lebih besar dari rata-rata skor pretes. 12288 12288 12288 12288 Uji coba utama secara eksperimen dilakukan setelah uji klasikal dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas produk jika dibandingkan dengan bahan ajar yang lain. Hasil anakova mengindikasikan bahwa perlakuan dalam hal ini bahan ajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F sebesar 10.337 dan signifikansi 0.002. Sumbangan efektif bahan ajar terhadap peningkatan hasil belajar adalah 15.1%. Rata-rata seluruh responden juga mengalami peningkatan skor (F 12.29 p 0.001). Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa hipotesis statistik (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima dengan kata lain bahan ajar terbukti efektif meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa jika dibandingkan dengan bahan ajar yang lain. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilaksanakan kelebihan bahan ajar hasil pengembangan diantaranya adalah (1) mencakup semua materi dalam silabus dengan penjelasan yang detil (2) uraian materi dilengkapi dengan ilustrasi visual kotak inkuiri dan concept check yang membantu pemahaman materi dan memberi lebih dari satu pengalaman belajar (3) tersusun dalam format yang lebih lengkap dibandingkan diktat ajar yang sebelumnya. Kekurangan yang masih terdeteksi adalah (1) materi pengayaan berpeluang menyebabkan bahan ajar menjadi terlalu luas cakupannya (2) ada beberapa ilustrasi yang kurang bagus kualitasnya (3) penyajian contoh non contoh atau analogi yang mewakili konsep kurang banyak (4) belum ada glosarium yang mempermudah pencarian istilah-istilah yang digunakan dalam bahan ajar. 12288 12288 12288 12288 Saran pengembangan lebih lanjut yang dapat disampaikan antara lain (1) pengembangan lebih lanjut dapat diaksanakan hingga tahap diseminasi (2) diperlukan pelaksanaan uji coba klasikal dan implementasi secara eksperimen dengan teknik serta metodologi yang lebih sempurna (3) analisis kebutuhan awal hendaknya dilakukan secara komprehensif dengan memperhatikan aspek-aspek yang menentukan keberhasilan belajar (4) pengembangan dilakukan untuk semua materi dalam Fisiologi Tumbuhan (5) menggunakan strategi belajar yang lebih baru dan up to date. 12288 12288 12288 12288 Saran diseminasi bahan ajar yang dapat diberikan antara lain (1) perlu diadakan seminar mulai dari lokal skala regional bahkan nasional tentang pengembangan bahan ajar berbasis konsep utamanya untuk materi-materi sains tertentu (2) perlu pengenalan pada forum seminar atau diskusi ilmiah (3) perlu diterbitkan melalui suatu lembaga penerbitan (4) perlu dimuat pada fasilitas e-book atau e-learning yang dikelola oleh institusi terkait.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60476 |
Actions (login required)
View Item |