Pengembangan bahan ajar matakuliah bioteknologi untuk mahasiswa semester VII Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri / Farida Nurlaila Zunaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar matakuliah bioteknologi untuk mahasiswa semester VII Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri / Farida Nurlaila Zunaidah

Zunaidah, Farida Nurlaila (2014) Pengembangan bahan ajar matakuliah bioteknologi untuk mahasiswa semester VII Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri / Farida Nurlaila Zunaidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurlaila Farida. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Bioteknologi Untuk Mahasiswa Semester VII Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. agr. Mohammad Amin S.Pd M.Si. (2) Prof. Dr. Ir. Suhadi M.Si. Kata Kunci bahan ajar bioteknologi model 4D Bioteknologi merupakan salah satu matakuliah yang perlu dipelajari aplikasi dan pemanfaatannya untuk masyarakat. Transfer ilmu kepada mahasiswa perlu adanya bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mahasiswa. Hasil observasi yang dilakukan pada dosen Universitas Nusantara PGRI Kediri pihak universitas belum menyediakan bahan ajar dalam menunjang perkuliahan. Melihat hal tersebut perlu adanya pengembangan bahan ajar bioteknologi yang mampu menunjang dan sesuai dengan karakteristik mahasiswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa buku pengayaan matakuliah bioteknologi yang sesuai dengan deskripsi materi perkuliahan bioteknologi pada UNP Kediri dan menghasilkan bahan ajar berupa buku pengayaan matakuliah bioteknologi yang tervalidasi atau teruji oleh pembimbing ahli materi ahli media ahli bahasa teruji secara perorangan dan kelompok kecil. Pengembangan buku dilakukan mengacu pada model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yakni pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis awal untuk mengetahui permasalahan dan karakteristik mahasiswa sehingga dapat mengetahuai permasalahan yang dihadapi dosen dan mahasiswa. Tahap perancangan dilakukan untuk merancang bahan ajar yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan mahasiswa. Tahap pengembangan dilakukan untuk memvalidasi draft bahan ajar kepada para validator dan selanjutnya diuji cobakan kepada mahasiswa sehingga akan mengetahui kualitas produk yang dihasilkan dan mengadakan revisi untuk perbaikan bahan ajar sesuai saran para validator dan peserta uji coba. Tahap penyebaran dilakukan untuk menyebarkan draft bahan ajar yang sudah tervalidasi dan teruji pada lembaga universitas yang digunakan sebagai tempat penelitian. Hasil pengembangan menunjukkan bahan ajar bioteknologi terdiri dari (1) bagian pendahuluan halaman sampul prakata daftar isi (2) bagian isi dengan materi pokok pendahuluan sejarah dan perkembangan bioteknologi teknologi DNA rekombinan teknik kultur sel dan jaringan bioteknologi mikroba bioteknologi pertanian dan bioteknologi peternakan (3) bagian penutup daftar rujukan. Hasil perhitungan persentase seluruh aspek validasi ahli materi ahli media dan ahli bahasa menunjukkan bahan ajar berada pada kategori layak dengan predikat baik jika dicocokkan dengan tabel kriteria kelayakan bahan ajar. Produk hasil pengembangan ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya (1) Sampul depan atau cover memiliki desain yang sederhana serta warna yang cerah sehingga menumbuhkan motivasi mahasiswa untuk membaca dan mempelajari materi di dalamnya (2) bahan ajar dilengkapi dengan daftar isi lengkap yang menunjukkan bagian-bagian bahan ajar secara rinci dan uraian kompetensi dasar yang harus dikuasai mahasiswa (3) setiap bab dilengkapi judul yang jelas dan disertai dengan poin-poin yang akan dibahas dalam satu bab sebagai pedoman mahasiswa dalam mempelajari setiap materi Bioteknologi (4) Paparan materi ringkas disertai dengan teknik-teknik dan metode-metode terkini dalam aplikasi bioteknologi jelas dan bahasa mudah untuk dipahami (5) Bahan ajar dilengkapi dengan gambar pendukung yang disertai keterangan gambar yang mempermudah mahasiswa dalam memahami makna gambar dan tabel yang mendukung uraian materi (6) Desain isi bahan ajar cukup menarik dan penyajiannya cukup rapi (7) Rujukan yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar merupakan rujukan yang relevan. Bahan ajar yang dikembangkan juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya (1) tidak adanya dukungan bahan ajar multimedia untuk bahan ajar cetak Bioteknologi (2) tidak ada kegiatan laboratorium untuk mahasiswa (3) mahasiswa kemungkinan masih mengalami kesulitan memahami materi apabila hanya didukung bahan ajar cetak (4) serta bahan ajar belum melalui tahap uji coba pada kelas yang sesungguhnya sehingga belum didapatkan data efektifitas pada bahan ajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60472

Actions (login required)

View Item View Item