Pengembangan media papan flanel untuk pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas I sekolah dasar / Ika Elita Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media papan flanel untuk pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas I sekolah dasar / Ika Elita Nur Azizah

Azizah, Ika Elita Nur (2015) Pengembangan media papan flanel untuk pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas I sekolah dasar / Ika Elita Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Ika Elita Nur. 2015. Pengembangan Media Papan Flanel untuk Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni M.Pd (II) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd Kata Kunci media papan flanel penjumlahan dan pengurangan bilangan SD Matematika merupakan salah satu pelajaran terpenting yang harus dikuasai siswa. Keterampilan menghitung pada siswa kelas I SD perlu dioptimalkan. Selama ini siswa menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan bantuan abakus Rusia yang terlalu sering digunakan dan kurang menarik sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang menarik agar anak antusias dalam belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan. Media tersebut yaitu media papan flanel. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menghasilkan media papan flanel yang layak dari segi materi (2) menghasilkan media papan flanel yang layak dari segi tampilan (3) menghasilkan media papan flanel yang layak dari segi pengguna dan (4) menghasilkan media papan flanel yang dapat meningkatkan hasil belajar. Model penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan Dick Carey namun pada penelitian ini hanya menggunakan 9 langkah dari 10 langkah yang ada. Langkah tersebut yaitu (1) analisis kebutuhan dan tujuan (2) analisis pembelajaran (3) analisis pembelajar dan konteks (4) merumuskan tujuan performansi (5) mengembangkan instrumen (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif dan (9) melakukan revisi. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli dan pengguna dinyatakan bahwa produk yang dihasilkan (1) 78 26% dinyatakan sangat valid oleh ahli media (2) 76 38% dinyatakan sangat valid oleh ahli materi dan (3) 88 88% dinyatakan sangat valid oleh guru sebagai pengguna media sehingga diperoleh rata-rata tingkat kevalidan media papan flanel sebesar 81 17%. Hasil evaluasi uji kelompok kecil rata-rata nilai akhir siswa yaitu 94 16 serta rata-rata nilai akhir pada hasil evaluasi uji lapangan yaitu (1) 96 25 (2) 98 89 dan (3) 93 9 sehingga rata-rata nilai akhir seluruh siswa untuk hasil evaluasi uji coba media papan flanel yaitu 95 8 sehingga dapat disimpulkan bahwa media papan flanel sangat efektif dan valid digunakan untuk membantu siswa dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan kelas I SD. Berdasarkan persentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media papan flanel sangat valid dan layak digunakan pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan kelas I SD. Pengembangan lebih lanjut dalam memanfaatkan media ini yaitu media papan flanel tidak hanya digunakan pada pelajaran matematika saja akan tetapi untuk pelajaran yang lain juga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6047

Actions (login required)

View Item View Item