Penerapan model reading map Group Investigation (GI) untuk meningkatkan minat baca, kemampuan berpikir kritis, kesadaran metakognitif dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Surya Buana Malang / Erfitra Rezqi Prasmala - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model reading map Group Investigation (GI) untuk meningkatkan minat baca, kemampuan berpikir kritis, kesadaran metakognitif dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Surya Buana Malang / Erfitra Rezqi Prasmala

Prasmala, Erfitra Rezqi (2014) Penerapan model reading map Group Investigation (GI) untuk meningkatkan minat baca, kemampuan berpikir kritis, kesadaran metakognitif dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Surya Buana Malang / Erfitra Rezqi Prasmala. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasmala Erfitra Rezqi. 2014. Penerapan Model Reading Map Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Minat Baca Kemampuan Berpikir Kritis Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Surya Buana Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd Kata Kunci Reading concept map group investigation minat baca berpikir kritis kesadaran metakognitif hasil belajar Rendahnya minat baca di kalangan siswa akan berpengaruh terhadap kualitas pendidikan khususnya dalam pembelajaran Biologi. Proses membaca merupakan proses berpikir dan bernalar. Proses belajar yang belum mengembangkan minat baca kemampuan berpikir kritis dan metakognitif akan berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Biologi di kelas X SMA Surya Buana Malang terlihat bahwa proses pembelajaran belum memperhatikan minat baca kemampuan berpikir kritis kesadaran metakognisi siswa dan hasil belajar siswa masih rendah. Model pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan minat baca kemampuan berpikir kritis kesadaran metakognitif dan hasil belajar siswa adalah model Reading Map Group Investigation (GI). Model pembelajaran ini dilaksanakan melalui beberapa tahap (1) reading (2) pembuatan peta konsep dan (3) menerapkan pembelajaran Group Investigation. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Analisis data evaluasi dan refleksi mengenai minat baca kemampuan berpikir kritis kesadaran metakognitif dan hasil belajar siswa dilakukan secara deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Surya Buana Malang dengan jumlah siswa 14 orang yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan model Reading Map GI dapat meningkatkan proses belajar. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata kemampuan berpikir kritis sebesar 27 3% dari siklus I ke siklus II. Kesadaran metakognitif siswa dengan skor 173 14 pada siklus I meningkat menjadi 177 07 pada siklus II. Peningkatan hasil belajar kognitif ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai tes hasil belajar kognitif pada siklus I yaitu 61 93 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 29% menjadi 83 93 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 78% pada siklus II. Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan model pembelajaran Reading Map GI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis kesadaran metakognisi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Surya Buana Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60468

Actions (login required)

View Item View Item