Hidayati, Nuril (2014) Pengembangan buku ajar anatomi fisiologi manusia berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang / Nuril Hidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hidayati Nuril. 2014. Pengembangan Buku Ajar Anatomi Fisiologi Manusia Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Abdul Gofur M.Si (2) Dr. H. Hadi Suwono M.Si. Kata kunci buku ajar anatomi fisiologi manusia berpikir kritis dan hasil belajar. Calon pendidik harus menguasai 4 kompetensi pendidik yakni kompetensi pedagogik kompetensi profesional kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. IKIP Budi Utomo Malang merupakan salah satu perguruan tinggi yang berbasis keguruan dan kependidikan. Alasan pemilihan mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia untuk dijadikan materi buku ajar yang dikembangkan adalah untuk mengatasi permasalahan mahasiswa yang tidak tertarik dalam mencari informasi dan ketidaktertarikan mahasiswa pada buku ajar yang digunakan serta untuk menyiapkan mahasiswa sebagai calon pendidik agar mampu menguasai konsep Anatomi Fisiologi Manusia karena buku ajar dikembangkan sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. melatih mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah penguasaan konsep dan kemampuan berpikr kritis terhadap fenomena sehari-hari yang berkaitan dengan konsep materi Anatomi Fisiologi Manusia dan mengatasi permasalahan dalam pembelajaran Pengembangan buku ajar mengacu pada model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yakni pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate). Tahap pendefinisian dilakukan analisis kebutuhan dengan mengetahui permasalahan yang dihadapi dosen yakni mahasiswa kurang tertarik mempelajari materi Anatomi Fisiologi Manusia mahasiswa kurang berminat menggali informasi dan konsep pada buku ajar sebagai penunjang pembelajaran sebagian besar mahasiswa tidak memiliki buku ajar mahasiswa kurang dilatih untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan kurangnya penguasaan konsep materi. Tahap perencanaan dilakukan dengan merumuskan rancangan pembelajaran dan perangkat untuk penyusunan tes acuan patokan dan prototipe buku ajar. Tahap pengembangan dilakukan melalui validasi ahli dan praktisi yang digunakan untuk mengetahui kelayakan buku ajar isi serta kegiatan dalam buku ajar serta uji coba untuk mengetahui keterbacaan buku ajar. Pada tahap penyebarluasan dilakukan pengujian terhadap pembelajarn dengan menggunakan buku ajar dengan pembelajaran yang tidak menggunakan buku ajar. Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan kriteria kelayakan. Hasil tahap penyebarluasan menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan buku ajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Berdasarkan uraian di atas maka buku ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mahasiswa. Buku ajar digunakan oleh mahasiswa yang menempuh mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia prodi pendidikan biologi dengan 5 topik pada buku ajar yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60467 |
Actions (login required)
View Item |