Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan strategi inkuiri terbimbing pada materi bioteknologi kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bantur / Siti Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan strategi inkuiri terbimbing pada materi bioteknologi kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bantur / Siti Anggraini

Anggraini, Siti (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan strategi inkuiri terbimbing pada materi bioteknologi kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bantur / Siti Anggraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraini Siti. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Dengan Strategi Inkuiri Terbimbing Pada Materi Bioteknologi Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bantur. Tesis. Program Pasca Sarjana Pendidikan Biologi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. agr. Moh. Amin M.Si. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing bioteknologi Perkembangan bioteknologi merupakan tantangan dalam pendidikan khususnya pembelajaran biologi. Usaha untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran bioteknologi. Tujuan pene-litian yakni menghasilkan perangkat pembelajaran bioteknologi yang terdiri dari silabus RPP modul dan instrumen penilaian dengan strategi inkuiri terbimbing. Rancangan penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D. Produk yang dihasilkan diuji validitasnya melalui 5 tahap validasi yaitu (1) validasi oleh ahli materi (2) validasi oleh ahli desain pembelajaran (3) validasi oleh praktisi pembelajaran (4) uji coba kelompok kecil dan (5) uji coba utama. Jenis data yang diperoleh terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yaitu deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Validasi ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualifikasi sangat valid sehingga tidak perlu direvisi dengan rincian penilaian (1) ahli materi 91% (2) ahli desain pembelajaran 95% (3) praktisi pembelajaran 95% dan hasil keterbacaan modul oleh siswa 91%. Implementasi perangkat pembelajaran dengan strategi inkuiri terbimbing menghasilkan ketuntasan klasikal 86% atau tuntas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60465

Actions (login required)

View Item View Item